AS-India Gelar Latihan Gabungan di Tengah Ketegangan dengan China

Rabu, 18 November 2020 - 19:56 WIB
loading...
AS-India Gelar Latihan Gabungan di Tengah Ketegangan dengan China
India dan Amerika Serikat (AS) dilaporkan melakukan latihan gabungan di Samudera Hindia, di tengah ketegangan dengan China. Foto/Ist
A A A
NEW DELHI - India dan Amerika Serikat (AS) dilaporkan melakukan latihan gabungan di Samudera Hindia, di tengah ketegangan dengan China. Selain India dan AS, Australia dan Jepang juga terlibat dalam latihan tersebut.

Untuk pertama kalinya dalam 13 tahun, Australia telah bergabung dengan AS dan Jepang dalam latihan tahunan yang digelar India, yang diberi nama Exercise Malabar 2020. Keputusan untuk memasukkan Australia datang pada saat India dan China terlibat dalam ketegangan perbatasan terburuk mereka dalam empat dekade terakhir.

Exercise Malabar, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (18/11/2020), dimulai sebagai latihan Angkatan Laut tahunan antara India dan AS pada tahun 1992. Jepang bergabung pada tahun 2015 dan Australia tidak pernah berpartisipasi sejak tahun 2007.

AS-India Gelar Latihan Gabungan di Tengah Ketegangan dengan China


Latihan oleh empat negara, yang juga membentuk Dialog Keamanan Segi Empat, atau QUAD, akan berpusat di sekitar kapal induk Vikramaditya milik Angkatan Laut India dan USS Nimitz milik Angkatan Laut AS. ( )
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)