Pakar: Dunia Mungkin Terbagi Dua Pasca Pandemi Covid-19

Minggu, 10 Mei 2020 - 21:00 WIB
loading...
Pakar: Dunia Mungkin Terbagi Dua Pasca Pandemi Covid-19
Ilustrasi
A A A
NEW DELHI - Wabah Covid-19 telah membuat dunia terhenti dengan lebih dari satu juta kasus yang dikonfirmasi. Namun, bahkan di tengah krisis yang parah, Amerika Serikat (AS) dan China terus berceloteh tentang asal virus ini dan keduanya saling menyalahkan.

Deepak Bali, seorang ahli hubungan internasional dari India mengatakan, dengan wabah virus yang telah secara besar-besaran mempengaruhi semua negara, terutama Barat, dia percaya bahwa dunia pasca Covid-19 akan memiliki dua kutub yang berbeda menuju bipolaritas.

"kita melihat munculnya tatanan global baru, di mana China telah mengumumkan kedatangannya dan meskipun negara itu tidak akan secara terbuka menyatakannya, peningkatan kegiatannya membuktikan fakta bahwa ia ada di sana untuk menantang Hegemoni AS," ucap Deepak, seperti dilansir Sputnik.

Menjelaskan posisi China dalam tatanan dunia pasca Covid-19, Deepak mengatakan bahwa upaya China untuk melawan hegemoni AS sejatinya sudah terjadi sebelum pandemi muncul. “AS telah melihat penghematan. Bukan krisis ini yang membuat AS mundur, tetapi meletus sejak China memprakarsai Belt and Road Initiative (BRI)," ucapnya.

BRI adalah kampanye China untuk mempromosikan pembangunan, perdagangan, infrastruktur, dan pertumbuhan ekonomi dengan menghubungkan Asia dengan Afrika dan Eropa melalui jaringan darat dan maritim di sepanjang enam koridor.

Sebagai bagian dari perdagangan Belt and Road-nya, Presiden China, Xi Jinping bahkan telah berjanji untuk melanjutkan “Jalan Sutra Kesehatan” bersama dengan penyebaran bantuan medis ke Eropa, negara-negara Afrika, dan Asia Tengah.

Deepak mengatakan bahwa dari perspektif ini, itu adalah kontes hegemonik yang sudah dekat. Tetapi, dia mengatakan, Covid-19 dan tatanan dunia pasca-pandemi akan membuat dua kutub yang berbeda menuju ke arah bipolaritas.

"China telah muncul sebagai salah satu kutub terkuat yang memperebutkan hegemoni AS dan banyak orang di seluruh dunia, baik di Eropa, Afrika, Asia Tengah, Amerika Latin, China Selatan, sehingga negara-negara yang telah saling berhubungan perdagangan dan investasi dengan Tiongkok akan terus berlanjut. melihat ke China untuk kolaborasi, bantuan, bantuan, dan China melakukan hal yang sama,” katanya.

Terlepas dari bipolaritas, Deepak telah memprediksi munculnya kecenderungan proteksionis di dunia pasca-pandemi ini.

Meskipun mereka sudah ada, katanya, tatanan dunia baru akan melihat tingkat kecenderungan proteksionis yang ekstrem, apakah itu perdagangan atau diplomasi, dan AS tidak akan melakukan banyak upaya di arena internasional dalam hal ini.

“Negara-negara Eropa dan sekutu AS secara bertahap akan menarik dan memindahkan investasi mereka ke beberapa negara lain, termasuk kebangkitan industri di negara mereka sendiri. Setelah krisis ini, orang akan menyadari bahwa ketergantungan yang berlebihan pada negara apa pun, terutama manufaktur, akan menciptakan masalah," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0976 seconds (0.1#10.140)