Heroik, Diplomat Inggris Selamatkan Mahasiswa China Tenggelam di Sungai

Selasa, 17 November 2020 - 14:29 WIB
loading...
Heroik, Diplomat Inggris Selamatkan Mahasiswa China Tenggelam di Sungai
Aksi Stephen Ellison (61), konsul jenderal Inggris di Chongqing, menyelamatkan seorang mahasiswa China yang tenggelam di sungai. Foto/todayonline.com
A A A
BEIJING - Seorang diplomat Inggris dipuji sebagai pahlawan setelah menyelamatkan seorang mahasiswa yang tenggelam barat daya China , akhir pekan lalu.

Stephen Ellison (61), konsul jenderal Inggris di Chongqing, sedang berjalan di tepi sungai dekat kota kuno Zhongshan ketika dia mendengar seorang wanita berteriak. Sang perempuan rupanya tergelincir dari atas batu dan jatuh ke dalam sungai yang dalam.

Rekaman yang direkam oleh seorang saksi mata menunjukkan perjuangan sang wanita yang terbawa arus sungai cukup deras, menghilang di bawah jembatan dan muncul dalam keadaan telungkup. Tampaknya ia tidak sadarkan diri.



Ellison kemudian melepas sepatunya dan menyelam untuk menyelamatkan wanita tersebut. Nama sang wanita tersebut belum dipublikasi.

Konsul jenderal Inggris yang kerap mengikuti triathlon kemudiam membalikan wanita tersebut, yang ternyata seorang mahasiswa, mengangkat wajahnya dari air dan berenang mundur ke tepi sungai yang curam.

"Dia tidak sadarkan diri, dia tidak bernapas dan untuk waktu yang singkat kami mengkhawatirkan yang terburuk. Tapi ketika kami kembali ke tepi sungai, dia mulai bernapas lagi," katanya tentang aksi penyelamatan yang berlangsung pada Sabtu pagi lalu seperti dilansir dari BBC, Selasa (17/11/2020).(Baca juga: Inggris Berharap Bisa Luncurkan Vaksin Covid-19 Pfizer Sebelum Natal )

Diplomat itu memegang tali penyelamat yang dilemparkan ke arahnya oleh orang yang lewat, yang kemudian menarik wanita itu ke tempat yang aman. Ellison berenang ke bebatuan yang lebih dangkal dan memanjat keluar.

"Berkat penyelamatan, siswa itu segera bernapas kembali dan sadar," lapor kantor berita pemerintah China Xinhua, mengutip otoritas setempat, tanpa menyebut nama wanita itu yang dikutip CNN.

Kedutaan Besar Inggris mengatakan sangat bangga terhadap aksi heroik Ellison.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)