Masih Terguncang, Pengungsi Etnis Armenia Kembali ke Nagorno-Karabakh

Selasa, 17 November 2020 - 04:04 WIB
loading...
Masih Terguncang, Pengungsi Etnis Armenia Kembali ke Nagorno-Karabakh
Pengungsi etnis Armenia kembali ke kota Stepanakert, Nagorno-Karabakh. Foto/REUTERS
A A A
STEPANAKERT - Para pengungsi Armenia yang menyelamatkan diri dari perang enam pekan antara Azerbaijan dan etnis Armenia telah mulai kembali ke rumahnya di Nagorno-Karabakh .

Mereka berupaya membangun lagi hidup yang terkoyak setelah Rusia pekan lalu menengahi perundingan damai di wilayah tersebut.

Ada dua konvoi bus yang membawa warga tiba di ibu kota daerah pegunungan Stepanakert, dari negara tetangga Armenia pada akhir pekan.

Sesuai ketentuan perjanjian, kendali atas kota utama Stepanakert, akan tetap dipegang etnis Armenia meskipun mereka dipaksa menyerahkan tanah lainnya kepada Azerbaijan yang menang perang. (Baca Juga: Pasukan Rusia Lihat Mayat-mayat Tentara Armenia Bergelimpangan di Jalan)

Pada Senin, para pengungsi berbaris di pusat Stepanakert, yang telah ditinggalkan selama beberapa pekan. Mereka antre untuk mendapatkan bantuan kemanusiaan berisi bahan pokok seperti makanan kaleng dan pasta. (Lihat Infografis: Setelah Akui Biden Menang, Trump Mentweet: Saya Menang!)

Beberapa pria membagikan potongan-potongan plastik yang dapat digunakan para pengungsi yang kembali untuk memperbaiki jendela yang pecah di rumah mereka. (Lihat Video: Arab Saudi Tutup Kembali Izin Umrah untuk Jamaah Indonesia)



Beberapa mengatakan mereka kembali dengan berat hati. “Saya sudah melihat perang ketiga di sini. Pada 1992 dan 2016 saya tidak meninggalkan kota bahkan semenit pun. Tapi kali ini mengerikan,” ungkap seorang wanita paruh baya yang menolak menyebutkan namanya.

Wanita itu telah kembali ke rumahnya pada Minggu. Dia mengungsi ke kota perbatasan Armenia, Sisian setelah pertempuran pekan pertama pada awal Oktober, saat dia terpaksa bersembunyi dari serangan di tempat perlindungan.

Meski kota Stepanakert tetap berada di tangan etnis Armenia setelah kesepakatan itu, Shusha, kota terbesar kedua di Nagorno-Karabakh, sekarang dikendalikan Azerbaijan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)