SpaceX Luncurkan Empat Astronaut ke Stasiun Luar Angkasa

Senin, 16 November 2020 - 10:59 WIB
loading...
A A A
Di akhir misinya, Crew Dragon menyebarkan parasut dan kemudian menabrak air, seperti di era Apollo.

NASA beralih ke SpaceX dan Boeing setelah menutup program Space Shuttle pada tahun 2011, yang gagal dalam tujuan utamanya membuat perjalanan luar angkasa terjangkau dan aman.

Badan tersebut akan menghabiskan lebih dari USD8 miliar untuk program Commercial Crew pada tahun 2024, dengan harapan bahwa sektor swasta dapat mengurus kebutuhan NASA di "orbit rendah Bumi" sehingga dibebaskan untuk fokus pada misi kembali ke Bulan dan kemudian ke Mars.

SpaceX, yang didirikan oleh Elon Musk pada 2002, telah melompati saingannya yang jauh lebih tua, Boeing, yang programnya gagal setelah uji coba Starliner yang gagal tahun lalu.

Rusia Tidak Terkesan

Tetapi kesuksesan SpaceX tidak berarti AS akan berhenti berhubungan dengan Rusia sama sekali. Demikian disampaikan Bridenstine.

"Kami ingin melakukan pertukaran kursi di mana astronaut Amerika dapat terbang dengan roket Soyuz Rusia dan kosmonot Rusia dapat terbang dengan kendaraan awak komersial," katanya, menjelaskan hal itu perlu jika salah satu program tidak berfungsi untuk jangka waktu tertentu.

Kenyataannya, bagaimanapun, adalah bahwa hubungan luar angkasa antara AS dan Rusia— salah satu dari sedikit titik terang dalam hubungan bilateral mereka—telah rusak dalam beberapa tahun terakhir, dan masih banyak yang tidak pasti.

Rusia mengatakan tidak akan menjadi mitra dalam program Artemis untuk kembali ke Bulan pada 2024, dan mengklaim misi yang dipimpin NASA itu terlalu berpusat pada AS.

Dmitry Rogozin, kepala badan antariksa Rusia juga berulang kali mengejek teknologi SpaceX, dan musim panas ini mengumumkan Roscosmos akan membuat roket yang melampaui Musk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)