Venezuela Klaim Sita Kapal Penuh Senjata Milik Militer Kolombia

Minggu, 10 Mei 2020 - 08:48 WIB
loading...
Venezuela Klaim Sita Kapal Penuh Senjata Milik Militer Kolombia
Venezuela mengatakan mereka menyita tiga kapal tempur ringan Kolombia yang ditinggalkan yang ditemukan ketika tentara mereka berpatroli di sungai Orinoco. Foto/REUTERS
A A A
CARACAS - Venezuela mengatakan mereka menyita tiga kapal tempur ringan Kolombia yang ditinggalkan yang ditemukan ketika tentara mereka berpatroli di sungai Orinoco. Klaim ini datang beberapa hari setelah Venezuela menuding Kolombia membantu upaya invasi yang gagal.

Kementerian Pertahanan Venezuela mengatakan, kapal-kapal itu dilengkapi dengan senapan mesin dan amunisi, tetapi tidak memiliki awak. Kapal-kapal itu, kata Kementerian Pertahanan Venezuela, ditemukan saat militer menjalankan operasi nasional untuk menjamin kebebasan dan kedaulatan Venezuela.

Angkatan Laut Kolombia dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Minggu (10/5/2020), kemudian mengakui bahwa kapal yang ditemukan oleh militer Venezuela adalah milik mereka.

"Menurut penyelidikan awal, kapal terbawa oleh arus sungai yang kuat. Kami sedang berbicara dengan rekan-rekan di Venezuela untuk dapat mengambil kapal tersebut," kata Angkatan Laut Kolombia.

Presiden Venezuela, Nicolas Maduro mengatakan militer akan mengembalikan kapal jika pemerintah Kolombia membuat permintaan resmi kepada Caracas.

"Venezuela akan mengajukan keluhan resmi kepada PBB yang menuduh Kolombia dan Amerika Serikat melanggar hukum internasional atas upaya invasi yang gagal," kata Maduro dalam sebuah pernyataan yang disiarkan secara nasional.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)