Jika Kalah, Trump Jadi Presiden Paling Populer Sepanjang Sejarah AS

Jum'at, 06 November 2020 - 15:21 WIB
loading...
Jika Kalah, Trump Jadi Presiden Paling Populer Sepanjang Sejarah AS
Donald Trump akan menjadi presiden AS paling populer yang kalah dalam pilpres sepanjang sejarah. Foto/Nikkei
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump , berada di jalur untuk menjadi sosok paling populer dari setiap presiden yang kalah dalam pemilu presiden (pilpres) sejarah negara itu.

Hingga hari Kamis, Trump telah mengumpulkan 69.651.725 suara populer secara nasional. Itu lebih banyak 4 juta dari 65.853.514 suara yang diterima dari lawannya pada tahun 2016, Hillary Clinton, dalam pemilu terakhir.

Jumlah itu juga kira-kira 6,5 juta lebih banyak suara populer daripada yang diterima Trump sendiri pada tahun 2016, ketika ia kehilangan margin populer dari Hillary tetapi meraih kemenangan Electoral College dengan membawa negara bagian Rust Belt di Michigan, Wisconsin, dan Pennsylvania, seperti dikutip dari Independent, Jumat (6/11/2020).

Jika Kalah, Trump Jadi Presiden Paling Populer Sepanjang Sejarah AS


Penghitungan suara Trump yang hampir mencapai 70 juta, yang diperkirakan akan meningkat lebih banyak dalam beberapa hari dan minggu mendatang karena banyak negara bagian terus menghitung suara absensi dan sementara - lebih dari yang diterima mantan Presiden Barack Obama dalam kemenangan telaknya pada 2008 atas almarhum Senator Arizona John McCain.

Beberapa proyeksi menunjukkan bahwa Trump dapat kehilangan suara populer secara keseluruhan untuk Biden dengan selisih sekitar 8,5 juta suara ketika semua surat suara telah dihitung secara nasional. Margin itu kira-kira setara dengan antara Ronald Reagan dan Jimmy Carter pada pemilu 1980 yang secara luas dianggap sebagai salah satu pemilu paling tidak berimbang dalam sejarah AS modern.

Penting untuk dicatat bahwa total suara secara keseluruhan untuk Biden dan Trump lebih mencerminkan populasi usia pemilih AS yang terus meningkat daripada yang lainnya.

Biden memimpin Trump dalam pemilihan umum dengan kurang dari 3 poin persentase pada Jumat pagi, meskipun margin itu diperkirakan akan tumbuh sebanyak 4 atau 5 poin persentase pada akhir penghitungan nasional, menurut beberapa ahli pemilu.

Trump belum mengakui pemilihan tersebut, karena dia telah menimbulkan serentetan tuduhan tidak berdasar atas penipuan pemilih di beberapa negara bagian utama.

Memecah keheningan 36 jam setelah mengumumkan kemenangan sebelum waktunya pada hari Rabu, Trump terus memuntahkan teori konspirasi yang tidak berdasar tentang penipuan pemilu dan penghitungan suara ilegal saat ia berbicara kepada warga Amerika dari Gedung Putih pada Kamis malam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)