Kanada Siap Evakuasi Warganya Jika Pemilu AS Berujung Rusuh

Rabu, 04 November 2020 - 17:23 WIB
loading...
Kanada Siap Evakuasi Warganya Jika Pemilu AS Berujung Rusuh
Wakil Perdana Menteri Kanada, Chrystia Freeland menuturkan, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah opsi, termasuk evakuasi, jika pemilihan umum (pemilu) AS berujung ricuh. Foto/REUTERS
A A A
OTTAWA - Wakil Perdana Menteri Kanada , Chrystia Freeland mengatakan bahwa pemerintahnya bekerja sama dengan para diplomatnya di Washington untuk memastikan keselamatan warga Kanada yang tinggal di Amerika Serikat (AS) . Dia menuturkan, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah opsi, termasuk evakuasi, jika pemilihan umum (pemilu) AS berujung ricuh.

Freeland mengatakan, dia telah berdiskusi dengan Duta Besar Kanada di Washington DC, Kirsten Hillman, mengenai bagaimana melindungi warga Kanada di AS jika terjadi kerusuhan setelah pemilihan.

"Saya benar-benar ingin meyakinkan warga Kanada bahwa pemerintah kami benar-benar siap dan kami telah mempersiapkan dengan matang untuk semua kemungkinan. Kami punya rencana apa pun yang terjadi," ucapnya, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (4/11/2020).

Dia lalu menuturkan, setiap anggota pemerintah Kanada perlu menjadi spesialis dalam menangani peristiwa yang terjadi di AS. Dia mencatat bahwa Ottawa akan benar-benar menghormati pilihan yang dibuat oleh masyarakat AS dan siap untuk bekerja secara efektif dengan siapa pun pilihan mereka.

"Ini adalah kenyataan bagi Kanada bahwa setiap pemerintah Kanada perlu menjadi spesialis dalam bekerja dengan AS dan itu pasti diterapkan pada pemerintah kami,” ucap Freeland. ( )
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)