Infeksi Virus Corona di Eropa Capai 11 Juta

Selasa, 03 November 2020 - 23:53 WIB
loading...
Infeksi Virus Corona di Eropa Capai 11 Juta
Jumlah kasus infeksi virus Corona di Eropa telah mencapai jumlah 11 juta. Foto/Ilustrasi
A A A
BRUSSEL - Eropa melewati tonggak sejarah yang suram pada Selasa setelah melaporkan lebih dari 11 juta kasus virus Corona , seiring Austria dan Yunani menjadi negara terbaru di benua itu yang memberlakukan penutupan (lockdown).

Masih sempoyongan setelah aksi penembakan yang mematikan di jalan-jalan Wina pada Senin malam, Austria mengunci sebagian sementara Yunani menutup kota-kota besar seperti dikutip dari AFP,Selasa (3/11/2020).

Mereka bergabung dengan Belgia, Prancis, Jerman, dan Irlandia dalam memberlakukan kembali pembatasan yang tegas pada kehidupan orang-orang di musim semi lalu karena pandemi virus yang pertama kali muncul di China pada akhir 2019 tidak menunjukkan tanda-tanda mereda.

Eropa sekarang telah mencatat 11.008.465 infeksi dan hampir 285.000 kematian menurut penghitungan AFP dari sumber resmi pada hari Selasa.(Baca juga: Jelang Hari Pemilu, AS Catat 9 Juta Kasus Virus Corona )

Tindakan baru yang ketat yang juga akan menghantam Inggris minggu ini telah menyebabkan kegusaran dan kemarahan karena para ahli mengatakan Eropa berisiko terkena gelombang infeksi lebih lanjut tahun depan jika tidak ada vaksin yang efektif ditemukan.

Menggarisbawahi efek merusak dari pembatasan ekonomi dan mata pencaharian, Spanyol - di mana pariwisata menyumbang sekitar 13 persen dari lapangan kerja - mengatakan jumlah pengunjung asing turun hingga 75 persen selama sembilan bulan pertama tahun ini.

Akibatnya, negara-negara sangat mencari alternatif selain lockdown.



Pemerintah Inggris telah memutuskan untuk meluncurkan tes virus Corona untuk seluruh penduduk kota Liverpool yang terpukul parah, 500.000 orang, dalam skema percontohan yang dapat ditingkatkan secara nasional.

"Bergantung pada kesuksesan mereka di Liverpool, kami akan bertujuan untuk mendistribusikan jutaan tes cepat baru ini antara sekarang dan Natal serta memberdayakan komunitas lokal untuk menggunakannya guna menurunkan transmisi di daerah mereka," kata Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Liverpool bergabung dengan Slovakia, yang telah memutuskan untuk menguji seluruh populasinya yang berjumlah 5,4 juta orang.

Di Belgia, yang memiliki salah satu jumlah kematian tertinggi dibandingkan dengan populasinya, pihak berwenang mungkin telah menutup negara itu tetapi tetap memutuskan untuk tetap membuka toko buku demi kesejahteraan mental masyarakat.(Baca juga: Pandemi Memburuk, Dokter di Belgia Diminta Bekerja Meski Positif Covid-19 )

"Dalam masa kesedihan dan ketidakpastian yang membawa kita kembali ke kematian kita sendiri, buku itu mungkin tetap menjadi makanan terbaik untuk pemikiran dan refleksi," kata penjual buku Brussel Marc El Khadem, saat pelanggan membuka halaman-halaman di sekitarnya.

Di Yunani, kafe, restoran, bar, pusat kebugaran, bioskop, dan teater serta sebagian besar bisnis yang tidak penting ditutup di Athena dan di kota-kota utara Thessaloniki dan Serres, bahkan dikunci lebih tegas.

Langkah-langkah tersebut telah menarik perhatian para pemilik bisnis dan karyawan di negara yang baru saja keluar dari krisis keuangan yang melumpuhkan, dimulai pada tahun 2010.

Namun juru bicara pemerintah Yunani, Stelios Petsas, buru-buru memperingatkan langkah-langkah itu akan diperkuat jika tidak dipatuhi.

"Sayangnya, ketakutan tampaknya memobilisasi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu federasi rumah sakit Prancis mengatakan tekanan pandemi sedemikian rupa sehingga pihak berwenang berencana untuk memindahkan pasien Covid-19 ke Jerman untuk perawatan - seperti yang sudah dilakukan Belgia.

Dan Jerman harus menunda operasi tidak mendesak untuk membebaskan tempat tidur dan staf, saran Uwe Janssens, presiden Asosiasi Interdisipliner Jerman untuk Perawatan Intensif dan Pengobatan Darurat.

Berbicara pada konferensi pers bersama Menteri Kesehatan Jens Spahn, dia mengatakan Jerman memiliki cukup tempat tidur dan ventilator untuk saat ini.

Namun, "masalah utama" adalah kurangnya tenaga medis yang terlatih untuk merawat pasien perawatan intensif, sebagian karena kekurangan staf yang kronis, tetapi juga karena dokter dan perawat sendiri kadang-kadang harus melakukan karantina.

Di tengah ketidakpastian di dunia, di mana virus telah menewaskan lebih dari 1,2 juta orang, perusahaan obat bergegas untuk memproduksi apa yang telah menjadi cawan suci sektor ini - vaksin yang layak.(Baca juga: Gelombang Kedua, Kematian Akibat Covid-19 di Eropa Tembus 250 Ribu )

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengidentifikasi setidaknya sembilan kandidat vaksin pada tahap paling lanjut fase tiga, di mana efektivitas vaksin diuji dalam skala besar.

Pada hari Selasa, penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum mengatakan dia telah menerima vaksin virus Corona eksperimental, menjadi pejabat Uni Emirat Arab terbaru yang mengambil bagian dalam uji coba.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)