Infeksi Virus Corona di Eropa Capai 11 Juta

Selasa, 03 November 2020 - 23:53 WIB
loading...
Infeksi Virus Corona di Eropa Capai 11 Juta
Jumlah kasus infeksi virus Corona di Eropa telah mencapai jumlah 11 juta. Foto/Ilustrasi
A A A
BRUSSEL - Eropa melewati tonggak sejarah yang suram pada Selasa setelah melaporkan lebih dari 11 juta kasus virus Corona , seiring Austria dan Yunani menjadi negara terbaru di benua itu yang memberlakukan penutupan (lockdown).

Masih sempoyongan setelah aksi penembakan yang mematikan di jalan-jalan Wina pada Senin malam, Austria mengunci sebagian sementara Yunani menutup kota-kota besar seperti dikutip dari AFP,Selasa (3/11/2020).

Mereka bergabung dengan Belgia, Prancis, Jerman, dan Irlandia dalam memberlakukan kembali pembatasan yang tegas pada kehidupan orang-orang di musim semi lalu karena pandemi virus yang pertama kali muncul di China pada akhir 2019 tidak menunjukkan tanda-tanda mereda.

Eropa sekarang telah mencatat 11.008.465 infeksi dan hampir 285.000 kematian menurut penghitungan AFP dari sumber resmi pada hari Selasa.(Baca juga: Jelang Hari Pemilu, AS Catat 9 Juta Kasus Virus Corona )

Tindakan baru yang ketat yang juga akan menghantam Inggris minggu ini telah menyebabkan kegusaran dan kemarahan karena para ahli mengatakan Eropa berisiko terkena gelombang infeksi lebih lanjut tahun depan jika tidak ada vaksin yang efektif ditemukan.

Menggarisbawahi efek merusak dari pembatasan ekonomi dan mata pencaharian, Spanyol - di mana pariwisata menyumbang sekitar 13 persen dari lapangan kerja - mengatakan jumlah pengunjung asing turun hingga 75 persen selama sembilan bulan pertama tahun ini.

Akibatnya, negara-negara sangat mencari alternatif selain lockdown.



Pemerintah Inggris telah memutuskan untuk meluncurkan tes virus Corona untuk seluruh penduduk kota Liverpool yang terpukul parah, 500.000 orang, dalam skema percontohan yang dapat ditingkatkan secara nasional.

"Bergantung pada kesuksesan mereka di Liverpool, kami akan bertujuan untuk mendistribusikan jutaan tes cepat baru ini antara sekarang dan Natal serta memberdayakan komunitas lokal untuk menggunakannya guna menurunkan transmisi di daerah mereka," kata Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0875 seconds (0.1#10.140)