Partai Demokrat Diperkirakan Kuasai Penuh Kongres AS

Selasa, 03 November 2020 - 20:24 WIB
loading...
A A A
Meskipun kemungkinan besar tak mencapai 60 kursi di Senat, keberhasilan Demokrat menguasai Senat akan sangat membantu agenda legislatif Biden atau membantu menghalangi masa jabatan Trump kedua.

Untuk memenangkan mayoritas, Demokrat hanya perlu mengambil tiga kursi Republik jika Biden terpilih sebagai presiden dan Senator Kamala Harris menggunakan suara Senat sebagai wakil presiden. Partai Republik sekarang memegang mayoritas 53 kursi banding 47 kursi milik Demokrat.

Senator Republik Cory Gardner dari Colorado dipandang sebagai yang paling rentan di antara lebih dari setengah lusin petahana masa jabatan pertama di Alaska, Arizona, Georgia, Iowa, Montana dan North Carolina. Doug Jones dari Demokrat dan Gary Peters berupaya mempertahankan kursi di Alabama dan Michigan.

Hasil dari beberapa pertarungan itu kemungkinan tidak akan diketahui sampai setelah Hari Pemilu, karena jumlah surat suara yang dikirim lewat pos sangat banyak pada tahun ini.

Hasil yang tertunda dapat terjadi di Arizona dan Maine, di mana Demokrat sangat disukai untuk mengganti kursi Partai Republik.

Dengan pertarungan ketat di North Carolina dan Iowa, para analis mengatakan Colorado bisa menjadi kesempatan terbaik bagi Demokrat untuk menunjukkan kemenangan pada malam Hari Pemilu.

“Hasil akhir dari kontes di Maine antara Collins, Demokrat Sara Gideon dan dua kandidat independen dapat ditunda hingga dua pekan,” ungkap seorang pejabat negara.

Jika tidak ada kandidat yang memenangkan lebih dari 50% suara pada malam Hari Pemilu, kontes tersebut akan dipaksa masuk putaran kedua secara otomatis.

Dua pemilu untuk sepasang kursi Senat di Georgia dapat menghadapi nasib yang sama, kecuali pemilu putaran kedua akan ditunda hingga 5 Januari.

Mark Kelly dari Partai Demokrat siap menggeser Senator dari Partai Republik Martha McSally di Arizona. Tetapi otoritas lokal memiliki waktu hingga 20 hari untuk meninjau hasil pemilu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)