Giliran Serangan Teror Guncang Wina, Macron Shock dan Ancam Musuh

Selasa, 03 November 2020 - 08:00 WIB
loading...
Giliran Serangan Teror Guncang Wina, Macron Shock dan Ancam Musuh
Para polisi bersenjata Austria, pada Selasa (3/11/2020), siaga setelah penembakan terjadi di Wina, Senin malam. Foto/REUTERS/Leonhard Foeger
A A A
WINA - Serangan teror melanda enam lokasi di Wina , Austria, Senin (2/11/2020) malam. Insiden ini hanya berselang beberapa hari setelah beberapa serangan teror melanda Prancis.

Presiden Prancis Emmanuel Macron bersikeras bahwa Eropa tidak akan menyerah pada teror. Dia menyuarakan dukungan untuk "negara sahabat" sambil mengancam pembalasan untuk "musuh" mereka bersama.

“Kami, Prancis, berbagi shock dan kesedihan yang dialami rakyat Austria malam ini karena serangan di jantung ibu kota mereka, Wina. Setelah Prancis, negara sahabat diserang," kata Macron dalam tweet-tweet-nya berbahasa Prancis dan Jerman pada Senin malam. (Baca: BREAKING-Serangan Teror Guncang Wina, Total Ada 6 Lokasi )

"Ini Eropa kita. Musuh kita harus tahu dengan siapa mereka berhadapan. Kami tidak akan menyerah pada apapun," lanjut Macron.

(Baca juga : Enam Alasan Konyol Deontay Wilder Kalah TKO Ronde 7 dari Tyson Fury )

Komentar itu muncul di tengah baku tembak antara penyerang bersenjata dan polisi di pusat kota Wina pada Senin malam, menyusul insiden di dekat sinagoga terbesar kota yang dianggap sebagai serangan teroris oleh Menteri Dalam Negeri Austria.

Motif penyerang masih belum jelas. Polisi telah memastikan bahwa beberapa tersangka bersenjata senapan telah menembakkan senjata mereka di enam lokasi berbeda, yang menewaskan sedikitnya satu orang dan melukai beberapa lainnya. Salah satu pria bersenjata juga ditembak mati oleh polisi anti-teror. (Baca: Para Teroris Bersenjata Berkeliaran di Wina, Pasukan Khusus Dikerahkan )

Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen dari Jerman, bergabung dengan Macron dalam mengutuk serangan brutal. "Eropa berdiri di sisi Austria dalam solidaritas penuh," katanya, seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (3/11/2020).

(Baca juga : Abu Nawas Jadi Korban Mimpi Baginda, Dendam pun Tak Bisa Dicegah )

Perwakilan tinggi Uni Eropa untuk urusan luar negeri Josep Fontelles menyebut penembakan di Wina sebagai "aksi kekerasan pengecut dan tindakan kebencian".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)