Badai Goni Berlalu, Filipina Bersiap Dihantam Badai Atsani

Selasa, 03 November 2020 - 04:01 WIB
loading...
Badai Goni Berlalu, Filipina Bersiap Dihantam Badai Atsani
Seorang pria melihat rumahnya terkubur puing dan pasir setelah banjir di Albay, Filipina, 1 November 2020. Foto/REUTERS
A A A
MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte memperingatkan badai lain mendekati negara itu setelah badai Goni menerjang hingga menewaskan 20 orang.

Badai Goni disebut sebagai badai terkuat di dunia pada tahun ini. Goni menerjang selatan Manila pada Minggu (1/11) dengan hembusan angin 310 km per jam.

Goni menjadi badai ke-18 yang menerjang Filipina tahun ini dan salah satu badai terkuat sejak Haiyan menewaskan lebih dari 6.300 orang pada 2013.

Badan bencana mengatakan 20 orang tewas di provinsi Albay dan Catanduane, bertambah dari 16 orang yang dilaporkan sebelumnya. Para pejabat mengatakan evakuasi paksa lebih dari 345.000 orang telah mencegah lebih banyak kematian. (Baca Juga: Badai Terbesar di Dunia Tahun Ini Segera Terjang Filipina)

Badai lain, Atsani, dengan hembusan angin hingga 80 km per jam, menguat di Samudra Pasifik dan diperkirakan akan mendarat di Filipina akhir pekan ini. (Lihat Infografis: Lebih Difavoritkan Dunia, Berikut Profil Joe Biden)

"Ini tidak sekuat (Goni) tetapi akan menyebabkan kerusakan di jalurnya, di jalan dan jembatan," ungkap Duterte dalam rapat kabinet yang disiarkan televisi. (Lihat Video: Debat Calon Presiden AS, Trump vs Biden Panas Sejak Awal)



Badan cuaca memperkirakan dua hingga tiga badai lagi akan memasuki Filipina pada November dan satu hingga dua badai lainnya pada Desember. Filipina, negara kepulauan dengan lebih dari 7.600 pulau, mengalami sekitar 20 badai tropis setiap tahun.

Penduduk di provinsi selatan Manila telah mulai membersihkan rumah dari lumpur dan puing-puing, sementara orang-orang di komunitas yang masih banjir tinggal di tenda-tenda di pusat evakuasi.

“Goni merusak sebagian lebih dari 55.000 rumah dan meratakan 20.000 rumah lainnya,” papar Kepala Manajemen Bencana Ricardo Jalad dalam rapat tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)