Akhiri Aksi Kekerasan, Kepala Polisi Nigeria Mobilisasi Semua Pasukan

Minggu, 25 Oktober 2020 - 07:53 WIB
loading...
Akhiri Aksi Kekerasan, Kepala Polisi Nigeria Mobilisasi Semua Pasukan
Kepala Polisi Nigeria memobilisasi semua pasukan untuk mengakhiri aksi kekerasan di negara itu. Foto/VOA
A A A
ABUJA - Kepala Polisi Nigeria menyerukan mobilisasi segera semua pasukan setelah aksi protes selama dua minggu yang menewaskan puluhan orang.

Kepolisian Nigeria mengumumkan Inspektur Jenderal Mohammed Adamu telah memberikan perintah untuk mengerahkan semua sumber daya guna mengakhiri kekerasan seperti dilansir dari Washington Examiner, Minggu (25/10/2020).

Kerusuhan sipil yang melanda Nigeria ini termasuk yang terburuk dalam dua dekade sejak negara itu melepaskan diri dari kekuasaan militer pada 1999 lalu.

Aksi protes dimulai di bawah spanduk #EndSARS. SARS adalah unit polisi yang dikenal sebagai Pasukan Anti-Perampokan Khusus, yang telah dikutuk karena taktiknya. Unit tersebut dibubarkan sebagai akibat dari aksi demonstrasi, meskipun protes kebrutalan anti-polisi telah berubah menjadi gerakan yang lebih besar melawan korupsi, nepotisme, dan pemerintahan yang salah urus.

Kerusuhan sipil mencapai titik kritis pada hari Selasa ketika tentara dilaporkan menembak mati beberapa pengunjuk rasa setelah jam malam 24 jam diberlakukan di negara bagian Lagos, yang merupakan rumah bagi kota terbesar di Nigeria, Lagos.(Baca juga: Tentara Nigeria Tembaki Demonstran, Dua Tumbang )

Menurut pengawas hak asasi manusia Amnesty International, sedikitnya 56 orang tewas dalam demonstrasi tersebut. Kelompok itu juga menuduh bahwa "preman" telah disewa oleh polisi untuk menghadapi pengunjuk rasa dan termasuk di antara mereka yang terbunuh.(Baca juga: Pertumpahan Darah Nigeria: Polisi Tembak Demonstran lalu Diseret di Jalan )

Presiden Muhammadu Buhari menghadapi tugas berat bagaimana menghadapi protes dan kekerasan selanjutnya. Dia mengatakan bahwa pengunjuk rasa harus mundur dari protes dan membantu bekerja untuk mereformasi masalah yang sedang diterjadi.

Buhari, yang menjabat pada 2015 dan terpilih kembali pada Februari tahun lalu, mengatakan kepada pengunjuk rasa untuk menahan godaan digunakan oleh beberapa elemen subversif untuk menyebabkan kekacauan. Dia meminta pemuda Nigeria untuk menghentikan protes jalanan dan secara konstruktif melibatkan pemerintah dalam mencari solusi.

"Suaramu telah terdengar nyaring dan jelas, dan kami menanggapi," ujarnya.(Baca juga: 69 Tewas dalam Aksi Protes Kebrutalan Polisi di Nigeria )

Amerika Serikat (AS) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menyerukan diakhirinya kekerasan dan untuk menghormati hak-hak para pengunjuk rasa damai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1858 seconds (0.1#10.140)