Paus Fransiskus Dukung Aturan yang Legalkan Pernikahan Sejenis

loading...
Paus Fransiskus Dukung Aturan yang Legalkan Pernikahan Sejenis
Paus Fransiskus mendukung aturan yang melegalkan pernikahan sejenis. Foto/The Daily Beast
A+ A-
ROMA - Paus Fransiskus menjadi paus pertama yang mendukung aturan yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Menurutnya, pasangan sesama jenis harus diizinkan untuk memiliki "persatuan sipil".

Pernyataan itu dilontarkannya dalam sebuah film dokumenter yang disutradarai oleh Evgeny Afineevsky. Menuru para pengamat, ini adalah komentarnya yang paling gamblang terkait hubungan gay.

"Kaum homoseksual punya hak untuk berkeluarga," katanya dalam film yang tayang perdana Rabu waktu setempat itu.

"Mereka adalah anak-anak Tuhan dan memiliki hak atas sebuah keluarga. Tidak ada yang harus dibuang atau dibuat sengsara karenanya," imbuhnya.



"Apa yang harus kita buat adalah undang-undang serikat sipil. Dengan cara itu hal itu dilindungi undang-undang," ujarnya seperti dikutip dari BBC, Kamis (22/10/2020).

Pernyataan itu tampaknya merujuk pada saat ia menjabat sebagai Uskup Agung Buenos Aires. Saat itu, meskipun menentang pernikahan sesama jenis secara hukum, dia mendukung beberapa perlindungan hukum untuk pasangan sesama jenis.(Baca juga: Paus Fransiskus Memakai Masker untuk Pertama Kali di Acara Publik)

Film Francesco, tentang kehidupan dan karya Paus Francis, ditayangkan perdana sebagai bagian dari Festival Film Roma.



Selain komentar Paus tentang serikat sipil, film tersebut juga menunjukkan dia mendorong dua pria gay untuk menghadiri gereja bersama ketiga anak mereka.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top