Rusia Catat Kasus Infeksi COVID-19 Lebih dari 10 Ribu Per Hari

Kamis, 07 Mei 2020 - 11:53 WIB
loading...
Rusia Catat Kasus Infeksi COVID-19 Lebih dari 10 Ribu Per Hari
Kasus infeksi virus COVID-19 di Rusia 10 ribu per hari. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rusia muncul sebagai hotspot baru penyebaran virus COVID-19 setelah negara itu mencatat kasus infeksi 10 ribu per hari selama empat hari beruturut-turut.

Menurut situs pemantau penyebaran virus Corona baru Universitas John Hopkins, hingga Rabu, Rusia tercatat memiliki jumlah kasus COVID-19 terbesar ketujuh di dunia. Pejabat kesehatan di negara itu melaporkan 10.559 kasus baru, sehingga total menjadi 165.929. Lebih dari 1.500 orang telah meninggal karena COVID-19 di Rusia.

"Ada 1.200 hingga 1.500 orang di tempat perawatan intensif di seluruh negeri. Semua orang dirawat dengan kerja sama dengan pusat konsultasi federal, dan kami telah menciptakan sebuah sistem, di mana kami melihat semua pasien (baik rawat jalan dan di rumah sakit), dan di mana di tempat tidur mereka tinggal," terang Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko.

"Kami memiliki total sekitar 4.000 kasus parah," tambah Murashko seperti dikutip Politico dari TASS, Kamis (7/5/2020).

Moskow, kota dan ibu kota terbesar Rusia, adalah pusat penyebaran COVID-19 di negara itu dengan sedikit lebih dari setengah total infeksi negara itu terjadi di wilayah metropolitan tersebut. Menurut media Rusia, The Moscow Times, kota ini telah mengkonfirmasi total 85.973 kasus virus Corona baru, sementara 866 dari mereka yang terinfeksi telah meninggal. Meskipun Rusia memiliki tingkat infeksi yang tinggi, jumlah kematiannya hingga saat ini tetap relatif rendah dibandingkan dengan beberapa negara Eropa dan AS.

Pekan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan bahwa pandemi terburuk belum terjadi. Ia juga mencatat bahwa negara itu menghadapi kekurangan peralatan perlindungan pribadi (PPE) untuk para profesional medis.

"Di depan kita adalah tahap baru, mungkin tahap paling intens dari perang melawan epidemi," kata Putin dalam pidato pada 28 April, di mana ia memperpanjang perintah penguncian nasional hingga 11 Mei.

"Risiko tertular berada di tingkat tertinggi, dan ancaman, bahaya mematikan virus tetap ada," Putin memperingatkan.

"Rusia telah berhasil memperlambat penyebaran epidemi, tetapi kita belum melewati puncaknya," tambah Putin.

Rusia mengambil langkah-langkah awal yang ketat dalam upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Negara itu menutup sebagian besar perbatasan darat sepanjang 2.600 mil dengan China pada 31 Januari.

Kemudian, kurang dari dua minggu kemudian pada tanggal 18 Februari, Rusia melarang warga negara China memasuki negara itu, memperluas larangan untuk semua warga negara asing. sebulan kemudian pada 18 Maret. Negara itu juga menutup perbatasan daratnya dengan Polandia dan Norwegia pada 14 Maret.

Meskipun ada pembatasan pada wisatawan asing dan tindakan penguncian di rumah, virus Corona baru telah berhasil menyebar secara luas. Putin juga telah melihat penurunan yang signifikan dalam peringkat persetujuannya saat pandemi telah berkembang. Forbes Rusia melaporkan pada akhir April bahwa peringkat persetujuan presiden Rusia berada pada titik terendah dalam 14 tahun.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)