Sekjen PBB: Terpecah, Dunia Gagal Atasi Pandemi Covid-19

loading...
Sekjen PBB: Terpecah, Dunia Gagal Atasi Pandemi Covid-19
Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres mengatakan, dunia yang terpecah telah gagal menghadapi tantangan memerangi pandemi Covid-19. Foto/REUTERS
A+ A-
NEW YORK - Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres mengatakan, dunia yang terpecah telah gagal menghadapi tantangan memerangi pandemi Covid-19. Dia memperingatkan tindakan bersama diperlukan untuk mencegah jutaan orang didorong ke dalam kemiskinan dan kelaparan.

Mantan Perdana Menteri Portugal itu mengatakan, akan lebih banyak yang bisa dilakukan jika seluruh negara bisa saling bekerja sama untuk memerangi virus yang telah menewaskan lebih dari satu juta orang tersebut. (Baca juga: Korut Murka Film Dokumenter Ungkap Upaya Menghindari Sanksi PBB)

"Pandemi COVID-19 adalah tantangan global utama bagi seluruh komunitas internasional, untuk multilateralisme dan bagi saya, sebagai Sekretaris Jenderal PBB,” kata Guterres, saat melakukan wawancara dengan kantor berita Portugis, Lusa.

“Sayangnya, ini adalah ujian yang sejauh ini gagal dilakukan oleh komunitas internasional," sambungnya dalam wawancara tersebut, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (18/10/2020).



Dia mengatakan, bahwa jika tindakan terkoordinasi tidak diambil, virus mikroskopis dapat mendorong jutaan orang ke dalam kemiskinan dan kelaparan, dengan efek ekonomi yang menghancurkan di tahun-tahun mendatang. (Baca juga: Anggaran Jadi Tuan Rumah Forum Kebencanaan PBB Capai Rp87 Miliar)

Guterres juga mengkritik negara-negara karena kurangnya persatuan dalam mencoba menyelesaikan tantangan global lainnya, termasuk konflik di Afghanistan, Yaman dan Suriah. “Itu adalah sumber frustrasi yang sangat besar,” katanya.

Menurut perhitungan Reuters, lebih dari 39 juta orang telah terinfeksi Covid-19. Virus ini telah dilaporkan di lebih dari 210 negara dan wilayah sejak kasus pertama diidentifikasi di China pada Desember 2019.
(esn)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top