Perang Armenia-Azerbaijan Meningkat, Relawan Nagorno-Karabakh Dibekali Senjata

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 06:09 WIB
loading...
A A A
Pertempuran baru-baru ini di Nagorno-Karabakh meletus pada 27 September lalu dan telah menewaskan ratusan orang. Ini menandai eskalasi terbesar dari konflik selama puluhan tahun di wilayah yang terletak di Azerbaijan tetapi telah di bawah kendali pasukan etnis Armenia yang didukung oleh Armenia.

Kekerasan - yang melibatkan artileri berat, roket, dan pesawat tak berawak - terus mengamuk meskipun Rusia berupaya untuk menengahi gencatan senjata.(Baca juga: Armenia Sebut Rusia Tokoh Kunci Proses Perdamaian dengan Azerbaijan )

Rusia, yang memiliki pakta keamanan dengan Armenia tetapi juga telah memupuk hubungan hangat dengan Azerbaijan, menjadi tuan rumah bagi diplomat top dari Armenia dan Azerbaijan selama lebih dari 10 jam pembicaraan yang berakhir dengan kesepakatan gencatan senjata pada Sabtu. Tapi perjanjian itu segera rusak, dengan kedua belah pihak saling menyalahkan karena melanggarnya.(Baca juga: Armenia dan Azerbaijan Sepakat Gencatan Senjata di Nagorno-Karabakh )

Pada hari Kamis, Azerbaijan sekali lagi menuduh pasukan Armenia menembaki beberapa wilayahnya dan mengklaim bahwa salah satu serangan menghantam kuburan, menewaskan tiga orang. Klaim tersebut segera didukung oleh Turki, yang secara terbuka memihak Azerbaijan dalam konflik tersebut.

"Armenia terus mengabaikan gencatan senjata kemanusiaan yang diumumkan pada 10 Oktober untuk pertukaran tahanan dan korban," kata Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa pasukan negara bahkan tidak mengizinkan saudara-saudara Azerbaijan kami menguburkan jenazah mereka.

Otoritas Armenia, pada gilirannya, mengatakan Azerbaijan telah melanggar gencatan senjata, menuduh pasukannya menewaskan dua orang dalam serangan di wilayahnya pada Rabu. Pejabat Nagorno-Karabakh juga melaporkan serangan baru di Stepanakert, ibu kota wilayah itu, yang mendapat serangan hebat pekan lalu.(Lihat video: Polisi Tetapkan Sembilan Aktivis KAMI sebagai Tersangka )
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)