Hindari Pertumpahan Darah, Presiden Kyrgyzstan Mengundurkan Diri

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 01:48 WIB
loading...
A A A
Untuk mencoba menghentikan kerusuhan, Jeenbekov pada hari Rabu mendukung pengangkatan Sadyr Zhaparov sebagai perdana menteri. Mantan anggota parlemen itu dibebaskan dari penjara oleh demonstran pekan lalu. Jeenbekov juga menyetujui Kabinet baru Zhaparov.(Baca juga: Parlemen Kyrgyzstan Tunjuk PM Baru Saat Pasukan Dikerahkan ke Bishkek )

Zhaparov telah berulang kali menuntut pengunduran diri Jeenbekov dan berjanji kepada para pendukungnya untuk mendorongnya - tetapi Jeenbekov mengatakan dia akan tetap bekerja sampai situasi politik menjadi stabil.

Ratusan pendukung Zhaparov berunjuk rasa di ibu kota pada Rabu, mengancam akan menyerbu kediaman presiden jika Jeenbekov tidak mundur. Zhaparov telah berjanji untuk bertemu dengan presiden pada Kamis, tetapi tidak jelas apakah itu terjadi.

Seperti dalam pemberontakan yang menggulingkan presiden pada tahun 2005 dan 2010, kerusuhan saat ini didorong oleh persaingan antar suku yang membentuk politik negara.

Kyrgyzstan, salah satu negara termiskin yang muncul dari bekas Uni Soviet, adalah anggota aliansi ekonomi dan keamanan yang didominasi Rusia, menjadi tuan rumah pangkalan udara Rusia dan bergantung pada dukungan ekonomi Moskow. Negara itu dulunya adalah situs pangkalan udara Amerika Serikat (AS) yang digunakan dalam perang di Afghanistan.(Lihat video: Begal Mengaku Anggota Polisi, Sedikitnya 15 Orang Menjadi Korban )
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)