PBB Umumkan Dimulainya Kembali Pembicaraan Intra-Libya

Minggu, 11 Oktober 2020 - 17:48 WIB
loading...
PBB Umumkan Dimulainya Kembali Pembicaraan Intra-Libya
Misi Dukungan PBB di Libya (UNSMIL) mengumumkan dimulainya kembali pembicaraan politik dan militer antara faksi yang bertikai di Libya. Foto/Ist
A A A
TRIPOLI - Misi Dukungan PBB di Libya (UNSMIL) mengumumkan dimulainya kembali pembicaraan politik dan militer antara faksi yang bertikai di Libya . Pembicaraan ini, menurut UNSMIL, dimaksudkan untuk menghasilkan konsensus tentang kerangka kerja dan pengaturan pemerintahan terpadu.

UNSMIL mengatakan, pembicaraan yang dinamai Forum Dialog Politik Libya (LPDF) diharapkan akan mengarah pada penyelenggaraan pemilihan nasional lebih awal untuk memulihkan kedaulatan dan legitimasi demokrasi lembaga Libya.

"Peserta di LPDF akan diambil dari konstituensi utama Libya, berdasarkan prinsip inklusivitas, perwakilan geografis yang adil, etnis, politik, kesukuan, dan sosial, dan dengan komitmen yang kuat untuk partisipasi yang berarti dari perempuan dan pemuda Libya," ucapnya, seperti dilansir Xinhua pada Minggu (10/11/2020).

UNSMIL menegaskan bahwa mereka akan berusaha untuk memastikan konsultasi yang luas, transparansi, dan pendekatan berbasis hak selama proses yang dipimpin dan dimiliki Libya ini. ( )

"PBB menyerukan kepada semua warga Libya untuk mengambil keuntungan penuh dari jendela kesempatan ini untuk memulihkan perdamaian abadi, keamanan, kemakmuran, hak asasi manusia dan akuntabilitas bagi rakyat Libya yang telah mengalami bertahun-tahun konflik berkepanjangan dan fragmentasi politik," katanya.

Menurut pernyataan itu, LPDF akan diadakan dengan formula gabungan melalui serangkaian sesi virtual serta pertemuan tatap muka, sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)