Diadili Belgia, Diplomat Iran Peringatkan Aksi Balasan

Minggu, 11 Oktober 2020 - 15:34 WIB
loading...
A A A
"Dia akan menjelaskan maksud dari ucapannya ke pengadilan," imbuhnya seperti dilansir dari Sputnik, Minggu (11/10/2020).

Target serangan teroris yang digagalkan yang diduga diorganisir oleh Assadi adalah unjuk rasa tahunan oposisi Iran yang diorganisir oleh kelompok Mujahidin-e-Khalq (MEK) dan organisasi Dewan Nasional Perlawanan Iran (NCRI). Kegiatan itu dihadiri oleh para tamu petinggi Eropa, Arab dan Amerika Serikat (AS), termasuk pengacara Presiden AS Donald Trump dan mantan walikota New York City Rudy Giuliani dan mantan ketua DPR Newt Gingrich. Keduanya telah mendesak perubahan rezim di Teheran.

Teheran menepis tuduhan bahwa salah satu diplomatnya akan merencanakan serangan teroris terhadap kegiatan yang diprakarsai MEK, yang diklaim sebagai organisasi teroris, tidak hanya oleh Iran tetapi juga di Uni Eropa, AS, Kanada, dan Jepang. MEK telah dihapus dari daftar larangan antara 2009 dan 2013.(Baca juga: Trump Peringatkan Iran Jangan Main-main dengan AS! )

Pemerintah Iran menuduh Uni Eropa (UE) menyembunyikan MEK dan sayap politiknya yang berbasis di Paris, NCRI, organisasi yang mempromosikan diri mereka sendiri sebagai alternatif dari teokrasi Iran.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)