Gertak Rusia dan China, Kapal Induk Paling Mematikan Inggris Manuver Besar-besaran

loading...
Gertak Rusia dan China, Kapal Induk Paling Mematikan Inggris Manuver Besar-besaran
Kapal induk Inggris, HMS Queen Elizabeth, dengan jet-jet tempur siluman F-35B di deknya. Foto/LPhot Kyle Heller/Daily Mirror
LONDON - Armada kapal perang paling mematikan Inggris telah berkumpul di Laut Utara dalam unjuk kekuatan besar-besaran terhadap Rusia dan China . Di tengah armada itu terdapat kapal induk terbesar negara itu, HMS Queen Elizabeth, yang sarat dengan jet tempur siluman F-35B yang terbaik dari Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Kapal Induk HMS Queen Elizabeth bergabung dengan sembilan kapal perang, 15 jet tempur, 11 helikopter dan 3.000 tentara dari Inggris, AS dan Belanda. Berbagai senjata perang mematikan itu bermanuver bersama dalam latihan perang NATO Joint Warrior 2020 yang dimulai 3 Oktober. (Baca: China Tembakkan Rudal Pembunuh Kapal Induk, Peringatan untuk AS )

Kapal induk tersebut adalah impian para politisi Inggris di akhir tahun 1990-an. Butuh 24 tahun perencanaan dan pembangunan, dan sekarang sudah siap untuk misi laut lepas besar pertamanya tahun depan.

Pesawat tempur Typhoon peringatan cepat Angkatan Udara Kerajaan (RAF) Inggris berada dalam siaga tinggi untuk dilesatkan jika Rusia menyebarkan pesawat mata-mata pembom jarak jauhnya ke wilayah tersebut untuk memantau kemampuan kapal induk.



Militer Inggris juga diyakini mengerahkan kapal pengintai anti-kapal selam dan kapal selam di wilaya daerah tersebut untuk mencoba dan mendeteksi kapal selam Rusia. (Baca: Debat di Radio, Indonesia Usir Kapal Coast Guard China dari Perairan Natuna )

Kelompok Tempur Kapal Induk HMS Queen Elizabeth adalah kekuatan maritim pimpinan Eropa terbesar dan terkuat dalam hampir dua dekade dan ditujukan untuk memproyeksikan pengaruh Inggris secara global dalam menghadapi ancaman yang berkembang.

Komandan Angkatan Laut Kerajaan Inggris, Komodor Steve Moorhouse mengatakan; "Kelompok Tempur Kapal Induk Inggris yang baru adalah perwujudan kekuatan maritim Inggris, dan berada di jantung Angkatan Laut Kerajaan yang dimodernisasi dan berani."

“Dilindungi oleh cincin penghancur canggih, fregat, helikopter dan kapal selam, dan dilengkapi dengan pesawat tempur generasi kelima, HMS Queen Elizabeth mampu menyerang dari laut pada waktu dan tempat yang kita pilih; dan dengan sekutu NATO kami di pihak kami, kami akan siap untuk bertarung dan menang dalam situasi yang paling menantang," ujarnya, seperti dikutip dari Daily Mirror, Selasa (6/10/2020). (Baca: Media China Sentil Indonesia karena Menentang Klaim China di Laut China Selatan )

"(Kelompok) Tempur Kapal Induk menawarkan pilihan dan fleksibilitas Inggris di panggung global; ini meyakinkan teman dan sekutu kami dan menghadirkan pencegah yang kuat bagi calon musuh," ujarnya.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top