Pengumuman Hakim MA di Gedung Putih Diduga Jadi 'Superspreader' Covid-19

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 04:38 WIB
loading...
Pengumuman Hakim MA di Gedung Putih Diduga Jadi Superspreader Covid-19
Pengumuman hakim Mahkamah Agung AS di Gedung Putih diduga telah berubah menjadi suprespreader Covid-19. Foto/Thehighlander
A A A
WASHINGTON - Pengumuman penunjukkan hakim Mahkamah Agung oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Gedung Putih pada Sabtu pekan lalu diduga telah berubah menjadi superspreader virus Corona.

Dikutip dari Independent, Sabtu (3/10/2020), hampir tidak ada yang terlihat mengenakan masker saat pengumuman penunjukkan Amy Coney Barrett sebagai Hakim MA di Taman Mawar Gedung Putih.(Baca juga: Trump Tunjuk Hakim Wanita Konservatif Jadi Hakim Agung )

Sebuah video yang muncul pada Jumat waktu setempat memperlihatkan Senator Partai Republik Mike Lee dengan antusias memeluk audiens lain. Ia terlihat memegang masker di tangannya. Belakangan, Mike Lee dinyatakan positif Covid-19.

Rekan Hakim Barrett, presiden Notre Dame Pendeta John Jenkins juga dinyatakan positif. Dalam email kepada mahasiswa, fakultas, dan staf, dia menulis: "Saya menyesali kesalahan penilaian saya karena tidak mengenakan masker selama upacara dan dengan berjabat tangan dengan sejumlah orang di Taman Mawar."

Seorang staf pers administrasi Trump dan seorang jurnalis juga dinyatakan positif, tetapi tidak teridentifikasi saat ini.

CNN melaporkan Menteri Kesehatan AS, Alex Azar, juga terlihat tengah berbicara dalam acara itu tanpa menggunakan masker. Jaksa Agung William Barr dan Dr Scott Atlas, tambahan personil terbaru dari gugus tugas virus Corona Gedung Putih, juga terlihat tanpa masker dan berjabat tangan dengan orang-orang.

Berita bahwa penasihat dekat Presiden Trump, Hope Hicks, terkena Covid-19 menyeruak pada Kamis malam waktu setempat, dan dalam semalam dipastikan bahwa Trump dan ibu negara Melania Trump juga positif.(Baca juga: Lewat Twitter, Trump Konfirmasi Dirinya Terinfeksi Covid-19 )

Ketua Komite Nasional Republik Ronna McDaniel juga dinyatakan positif awal pekan ini dan telah diisolasi di rumah sejak Sabtu sehingga diyakini tidak berada di acara Taman Mawar.

Hakim Barrett dan suaminya sama-sama menderita Covid-19 selama musim panas tetapi telah sembuh sepenuhnya.

Gejala Covid-19 bisa memakan waktu antara dua dan 14 hari untuk berkembang, rata-rata lima hari. Mempertimbangkan jadwal presiden, ibu negara, Hicks, dan Senator Lee selama seminggu terakhir menciptakan jaringan lusinan atau bahkan ratusan orang yang mungkin berhubungan langsung dengan mereka.

Ini berpotensi mencakup semua peserta pada debat presiden pertama di Ohio, mereka yang bergabung atau bertemu dengan presiden dalam perjalanan ke New Jersey dan Minnesota, reporter Gedung Putih dan Capitol Hill, Senator Republik, dan anggota Komite Kehakiman Senat AS.

Sementara itut Wakil presiden Mike Pence dan istrinya, Karen, telah dinyatakan negatif. Demikian pula dengan mantan wakil presiden sekaligus rival Trump dalam pemilu presiden, Joe Biden dan istrinya Jill, serta Senator Kamala Harris dan suaminya Doug Emhoff.

Hanya tiga hari setelah acara Rose Garden, Trump bertemu Biden untuk debat presiden pertama dengan menerapkan jarak sosial atau social distancing.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)