Trump Tunjuk Hakim Wanita Konservatif Jadi Hakim Agung

Minggu, 27 September 2020 - 11:40 WIB
loading...
Trump Tunjuk Hakim Wanita Konservatif Jadi Hakim Agung
Presiden AS, Donald Trump, memilih Hakim Amy Coney Barrett sebagai calon hakim Mahkamah Agung. Foto/Fox40
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) , Donald Trump , memilih Hakim Amy Coney Barrett sebagai calonnya di Mahkamah Agung. Barrett ditunjuk untuk mengisi kursi yang ditinggalkan Hakim Ruth Bader Ginsberg yang meninggal.

Presiden AS itu membuat pengumuman dengan Barrett di sisinya dalam sebuah upacara di Taman Mawar Gedung Putih pada Sabtu waktu setempat.

"Hari ini merupakan kehormatan bagi saya untuk menominasikan salah satu pemikir hukum paling cemerlang dan berbakat di negara kita ke Mahkamah Agung," kata Trump seperti dilansir dari Reuters, Minggu (27/9/2020).

Gedung Putih didekorasi dengan bendera Amerika untuk upacara yang diatur dengan cara yang mirip dengan hari ketika Presiden Bill Clinton mencalonkan Ginsburg pada 1993. Ada kerumunan yang padat pada upacara tersebut, sebagian besar tidak mengenakan masker meskipun ada pandemi virus Corona.(Baca juga: 200 Ribu Warga AS Meninggal Akibat Covid-19, Trump: Memalukan )

Barrett diperkirakan akan memulai panggilan kesopanan tradisional pada senator individu pada hari Selasa.

"Sidang konfirmasi Komite Kehakiman Senat akan dimulai 12 Oktober," kata Trump.

Seperti dua orang yang ditunjuk Trump sebelumnya, Neil Gorsuch pada tahun 2017 dan Brett Kavanaugh pada tahun 2018, Barrett masih cukup muda sehingga dia dapat bertugas selama beberapa dekade dalam pekerjaan seumur hidup, meninggalkan jejak konservatif yang langgeng. Barrett adalah calon hakim Mahkamah Agung termuda sejak Clarence Thomas yang konservatif berusia 43 tahun pada tahun 1991.

Barrett, seorang Katolik Roma yang taat, memperoleh gelar sarjana hukum dan mengajar di Universitas Notre Dame di Indiana. Ia ditunjuk oleh Trump untuk Pengadilan Banding Sirkuit AS ke-7 yang berbasis di Chicago pada tahun 2017 dan merupakan favorit dari kaum konservatif religius, kelompok kunci konstituen Trump.

Jika dikonfirmasi oleh Senat untuk menggantikan ikon hakim liberal Ruth Bader Ginsburg, yang meninggal pada usia 87 tahun pada 18 September lalu, Barrett akan menjadi wanita kelima yang pernah bertugas di pengadilan dan akan mendorong mayoritas konservatifnya menjadi 6-3.(Baca juga: Trump Tolak Transisi Kekuasaan Berjalan Mulus )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)