Trump Positif Covid-19, Ini Politisi Dunia yang Pernah Terinfeksi Corona

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 14:47 WIB
loading...
Trump Positif Covid-19, Ini Politisi Dunia yang Pernah Terinfeksi Corona
Presiden Amerika Serikat Donald John Trump dan Ibu Negara Melania Trump. Foto/REUTERS/Brian Snyder
A A A
JAKARTA - Presiden Donald Trump mengatakan dia dan Ibu Negara Amerika Serikat (AS) Melania Trump dinyatakan positif terinfeksi virus corona baru (Covid-19). Mereka terinfeksi setelah ajudan utama Trump, Hope Hicks, terinfeksi.

“Malam ini, @FLOTUS (Ibu Negara) dan saya dinyatakan positif Covid-19. Kami akan segera memulai proses karantina dan pemulihan. Kami akan melewati ini bersama!," tulis Trump via akun Twitter-nya, @realDonaldTrump, Jumat (2/10/2020). (Baca: Trump Positif Covid-19 )

Trump bukan politisi dunia pertama yang terinfeksi virus tersebut. Berikut deretan politisi yang pernah terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19;

1. Maumoon Abdul Gayoom
Mantan presiden Maladewa tersebut mengatakan dia dites positif Covid-19 pada 25 Agustus. Dalam sebuah posting Twitter, pria berusia 82 tahun itu mengatakan dia berharap untuk pemulihan cepat dan kesehatan yang baik untuk dirinya sendiri dan semua orang sakit lainnya.

2. Eduardo Ano
Menteri Dalam Negeri Filipina ini, yang membantu mempelopori respons virus corona negaranya, dinyatakan positif Covid-19 setelah mengalami gejala mirip flu. Kondisinya diungkap pihak berwenang pada 17 Agustus 2020. (Baca juga: Ajudan Cantiknya Positif Covid-19, Trump dan Ibu Negara AS Akan Dites )

3. Raul Grijalva
Anggota Kongres AS dari negara bagian Arizona ini mengumumkan pada 2 Agustus bahwa dia mengidap virus corona baru.

4. Tareck El Aissami
Menteri Perminyakan Venezuela tertular Covid-19 pada 10 Juli, sehari setelah pemimpin partai sosialis, Diosdado Cabello, juga dinyatakan positif terjangkit virus tersebut.

5. Jeanine Andez
Presiden Bolivia ini mengatakan pada 9 Juli di akun Twitter-nya bahwa dia dinyatakan positif terkena virus corona baru. Pemerintah Bolivia mengonfirmasi bahwa setidaknya tujuh menteri, termasuk menteri kesehatan negara itu, dinyatakan positif dan sedang menjalani perawatan atau memulihkan diri di rumah.

6. Jair Bolsonaro
Presiden Brasil ini dites positif Covid-19 pada 7 Juli setelah berbulan-bulan meremehkan tingkat keparahan virus.

7. Michelle Bolsonaro
Ibu Negara Brasil ini dinyatakan positif terinfeksi virus corona baru, sebagaimana diumumkan pemerintah pada 30 Juli, lima hari setelah suaminya Jair Bolsonaro mengatakan dia telah pulih dari infeksi Covid-19.

8. Kwaku Agyemang-Manu
Menteri Kesehatan Ghana ini tertular Covid-19 saat menjalankan tugas, tetapi dalam kondisi stabil. Hal ini disampaikan presiden negara Afrika Barat itu pada 14 Juni.

9. Riek Machar
Wakil Presiden Sudan Selatan tersebut dan istrinya; Angelina Teny, yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan, dinyatakan positif terkena virus corona baru. Kantor presiden setempat mengonfirmasi pada 18 Mei 2020.

10. Dmitry Peskov
Juru bicara Kremlin di Rusia ini mengatakan pada 12 Mei bahwa ia dites positif terkena virus corona baru.

11. Ferozuddin Feroz
Menteri Kesehatan Afghanistan ini tertular penyakit Covid-19 pada 7 Mei, tetapi pulih setelah dua minggu diisolasi di kediamannya.

12. Olga Lyubimova
Menteri Kebudayaan Rusia ini dinyatakan positif mengidap virus corona baru pada 6 Mei 2020. Lyubimova memiliki gejala ringan dan terus bekerja dari jarak jauh, melakukan pertemuan online. Hal itu disampaikan juru bicaranya; Anna Usacheva.

13. Faisal Edhi
Kepala organisasi amal terbesar Pakistan; Edhi Foundation ini, dinyatakan positit Covid-19. Dia merupakan putra dermawan terkenal dunia, almarhum Abdul Sattar Edhi.

14. Asad Qaiser
Ketua Parlemen Pakistan tersebut mengatakan dia dites positif Covid-19 pada 1 Mei setelah mengadakan buka puasa Ramadhan lalu.

15. Sheikh Rashid Ahmad
Menteri Perkeretaapian Pakistan ini dinyatakan positif terkena virus corona baru. Kementerian terkait mengumumkannya pada 8 Juni.

16. Shahid Khaqan Abbasi
Mantan Perdana Menteri Pakistan ini dinyatakan positif terkena virus corona baru. Keluarga dan partainya mengonfirmasi pada 8 Juni.

17. Carmen Calvo
Wakil Perdana Menteri Spanyol ini dinyatakan positif mengidap virus corona baru pada 25 Maret.

18. Pangeran Charles
Pangeran dan pewaris takhta Inggris ini dinyatakan positif mengidap virus corona baru pada 25 Maret. Pria berusia 71 tahun itu menunjukkan gejala ringan tetapi tetap dalam keadaan sehat. Istri Pangeran Charles, Camilla, juga telah dites tetapi tidak terkena virus.

19. Abba Kyari
Kepala Staf Presiden Nigeria ini telah dites positif terkena virus corona baru. Sumber pemerintah mengonfirmasi pada 24 Maret. Di usia 70-an, Kyari adalah tokoh penting dalam pemerintahan Presiden Muhammadu Buhari.

20. Rand Paul
Politisi Partai Republik dari Kentucky ini adalah senator AS pertama yang dites positif terkena virus corona.

21. Pangeran Albert
Pangeran Albert II dari Monako telah dites positif mengidap virus corona baru. Pihak kerajaan mengonfirmasi hal itu pada hari Kamis, tapi kesehatannya baik.

22. Michel Barnier
Kepala negosiator Brexit Uni Eropa mengatakan dalam sebuah tweet bahwa dia telah dites positif terkena virus corona baru.

23. Bento Albuquerque
Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan pada hari Rabu bahwa Menteri Pertambangan dan Energi Bento Albuquerque telah dites positif terkena virus corona. Dia anggota kabinet kedua Brasil yang terinfeksi Covid-19.

24. Augusto Heleno
Penasihat Keamanan Nasional Brasil ini mengatakan pada 18 Maret di akun Twitter-nya bahwa dia telah dites positif terkena virus corona baru, meskipun dia tidak menunjukkan gejala apa pun.

25. Jeremy Issacharoff
Duta Besar Israel untuk Jerman telah dites positif terkena virus corona baru. Kementerian Luar Negeri Israel dalam sebuah pernyataan pada 17 Maret mengonfirmasi kondisi diplomat tersebut. Issacharoff dilaporkan tertular virus tersebut setelah pertemuan dengan wakil dari Majelis Federal Jerman, yang namanya tidak disebutkan.

26. Friedrich Merz
Politisi berusia 64 tahun, yang telah berkampanye untuk memimpin Uni Demokratik Kristen (CDU) Jerman pada kongres yang direncanakan untuk tahun ini, mengatakan di Twitter pada 17 Maret bahwa dia dinyatakan positif terkena virus corona dan berada di bawah isolasi diri di rumah.

27. Kozo Tashima
Ketua asosiaAsi sepak bola Jepang ini dinyatakan positif terkena virus pada 17 Maret. Tashima juga wakil ketua Komite Olimpiade Jepang.

28. Nadine Dorries
Salah seorang menteri Inggris Raya ini adalah politikus Inggris pertama yang dinyatakan positif pada 10 Maret.

29. Peter Dutton
Menteri Dalam negeri Australia ini ditempatkan di ruang isolasi di rumah sakit setelah tertular virus corona baru.

30. Massoumeh Ebtekar
Wakil Presiden Iran ini adalah pejabat pemerintah tertinggi negara yang terinfeksi Covid-19, sementara beberapa pejabat senior lainnya di negara itu, termasuk Iraj Harirchi, wakil menteri kesehatan Iran, juga terkena. Iran adalah episentrum wabah virus corona di Timur Tengah.

31. Sophie Gregoire Trudeau
Pada 12 Maret, istri Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau ini dinyatakan positif Covid-19 setelah perjalanan ke Inggris. Gregoire Trudeau mengatakan dia berencana untuk tetap diisolasi selama dua minggu ke depan, bersama suaminya. Gejalanya digambarkan ringan.

32. Begona Gomez
Istri Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dinyatakan positif Covid-19. Pejabat di kantornya mengonfirmasi pada Sabtu malam. Sementara Begona Gomez dinyatakan positif, kesehatan dia dan perdana menteri baik-baik saja. Pemerintah Spanyol mengatakan akan mengunci seluruh negara karena jumlah kasus yang didiagnosis melebihi 6.000.

33. Quim Torra
Pemimpin lokal wilayah Catalonia Spanyol ini mengatakan pada 16 Maret bahwa dia telah dites positif terkena virus Corona baru. Dia mengisolasi diri di gedung pemerintah.

34. Pere Aragones
Wakil kepala pemerintahan Catalonia ini mengumumkan pada 15 Maret bahwa dia juga dinyatakan positif terkena virus corona baru.

35. Irene Montero
Menteri Spanyol ini dinyatakan positif pada 15 Maret dan telah diisolasi bersama dengan mitranya, Wakil Perdana Menteri Pablo Iglesias.

36. Franck Riester
Awal pekan ini, Menteri Kebudayaan Prancis tersebut mengatakan dia tinggal di rumahnya di Paris setelah tertular virus corona baru. Prancis juga telah memberlakukan penguncian sebagian untuk memeriksa penyebaran Covid-19.

37. Francis Suarez
Wali Kota Miami, AS, ini mengonfirmasi pada 13 Maret bahwa ia telah tertular Covid-19.

38. Fabio Wajngarten
Juru bicara Presiden Brasil Bolsonaro ini dinyatakan positif Covid-19 setelah dia kembali dari perjalanan AS di mana dia bertemu, antara lain dengan Presiden AS Trump.

39. Michal Wos
Menteri Lingkungan Polandia telah dites positif terkena virus corona baru. Dia mengonfirmasi dalam tweet pada 16 Maret.

40. Oumarou Idani
Menteri pertambangan Burkina Faso ini dinyatakan positif Covid-19 beberapa waktu lalu.

41. Stanislas Ouaro
Menteri Pendidikan Burkina Faso ini dinyatakan mengidap Covid-19 beberapa waktu lalu.

42. Simeon Sawadogo
Menteri Dalam Negeri Burkina Faso ini juga terkena virus corona baru beberapa waktu lalu.

43. Yaakov Litzman
Menteri Kesehatan Israel dan istrinya dinyatakan positif mengidap virus corona baru pada 1 April.

44. Ali Larijani
Ketua Parlemen Iran ini pada 2 April lalu dinyatakan positif Covid-19.

45. Zoran Zaev dan Hristijan Mickoski
Pada 10 April, pemimpin dua partai terbesar Makedonia Utara tersebut diperintahkan untuk mengisolasi diri selama dua minggu setelah diwawancarai oleh seorang reporter TV yang terinfeksi virus corona.

46. Khalif Mumin Tohow
Menteri Kehakiman Negara Bagian Hirshabelle yang otonom di Somalia meninggal pada 12 April setelah tertular virus corona. Tohow meninggal di rumah sakit Martini Mogadishu sehari setelah dia dinyatakan positif Covid-19 di kota Jowhar, ibu kota administratif Hirshabelle.

47. Sekou Kourouma
Sekretaris Jenderal Guinea dan seorang mantan menteri ini, meninggal setelah terinfeksi Covid-19 di Conakry pada 18 April.

48. Nuno Gomes Nabiam
Perdana Menteri Guinea-Bissau ini telah dites positif Covid-19 bersama tiga anggota kabinetnya. Kementerian Kesehatan setempat mengumumkannya pada 29 April.

49. Mikhail Mishustin
Perdana Menteri Rusia ini pada 30 April mengatakan dalam sebuah pertemuan video dengan Presiden Vladimir Putin bahwa dia dites positif Covid-19 dan akan mengisolasi diri untuk melindungi anggota kabinet lainnya.

50. Tim Kaine
Senator AS dari Virginia ini mengatakan dia dan istrinya dites positif setelah melakukan tes antibodi virus corona pada 28 Mei. Dia mengatakan awalnya mengira dia menderita sisa-sisa serangan sebelumnya dengan flu dan jumlah serbuk sari yang tinggi.

51. Nikol Pashinyan
Perdana Menteri Armenia ini mengungkapkan pada 1 Juni bahwa dia dan keluarganya telah dites positif terkena Covid-19.

52. Pangeran Joachim
Keponakan Raja Belgia Philippe ini dinyatakan positif virus corona baru pada 1 Juni setelah menghadiri pesta di Spanyol. Pangeran 28 tahun tersebut berada di urutan kesepuluh dari takhta Belgia.

53. Sami Abu Shehadeh
Anggota partai Daftar Gabungan Arab di Israel dinyatakan positif terkena virus corona baru pada 3 Juni.

54. Shahid Khaqan Abbasi
Mantan Perdana Menteri Pakistan yang juga pemimpin senior partai oposisi Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PML-N), dilaporkan positif Covid-19 pada 8 Juni.

55. Shehbaz Sharif
Pemimpin oposisi utama Pakistan dan presiden PML-N ini dinyatakan positif terkena virus corona baru. Keluarga dan partainya mengonfirmasi pada 11 Juni.

56. Juan Orlando Hernandez
Presiden Honduras ini mengatakan pada 16 Juni bahwa dia dinyatakan positif terkena virus corona. Dia dirawat di rumah sakit keesokan harinya. Istri presiden; Ana Garcia, juga dinyatakan positif Covid-19, bersama dengan dua asisten presiden, tetapi tidak menunjukkan gejala penyakit apa pun.

56. Nursultan Nazarbayev
Mantan presiden Kazakhstan yang berusia 79 tahun yang juga pejabat "Leader of the Nation" ini dinyatakan positif terkena virus corona baru pada 18 Juni.

57. Zafar Mirza
Asisten khusus Perdana Menteri Pakistan Imran Khan yang juga menteri kesehatan de facto ini dinyatakan positif mengidap virus corona baru pada 6 Juli.

58. Geoffrey Onyeama
Menteri Luar Negeri Nigeria ini dinyatakan positif Covid-19. Dia mengumumkannya pada 19 Juli.

59.Inonge Mutukwa
Wakil presiden Zambia ini dinyatakan positif mengidap virus corona pada 19 Agustus.

60.
Silvio Berlusconi
Mantan perdana menteri Italia dinyatakan positif Covid-19 pada 2 September bersama dengan dua anaknya.

61. Ruslan Homchak
Komandan angkatan bersenjata Ukraina ini dilaporkan positif mengidap virus corona baru pada 10 September.

62. Bulent Arinc
Mantan ketua parlemen Turki ini mengumumkan dia tertular virus corona baru pada 10 September.

63. Erin O’Toole
Pemimpin baru partai oposisi utama Kanada ini dinyatakan positif mengidap coronavirus.

64. Alpha Barry
Menteri Luar Negeri Burkina Faso ini dinyatakan positif Covid-19 pada 20 Maret.

65. Boris Johnson
Perdana menteri Inggris yang berusia 55 tahun ini mengatakan pada 27 Maret bahwa ia dinyatakan positif virus corona baru dan melakukan isolasi diri. Dia dirawat di rumah sakit pada 5 April di tempat yang disebut kantornya sebagai "langkah pencegahan".

66. Matthew Hancock
Menteri Kesehatan Inggris Matthew Hancock mengumumkan pada 27 Maret bahwa dia dinyatakan positif terkena virus corona. Hancock mengatakan dia mengisolasi diri dan bekerja dari rumah.

67. Alister Jack
Menteri Skotlandia dan anggota kabinet Perdana Menteri Inggris Boris Johnson ini telah mengalami gejala terinfeksi Covid-19.

68. Seyi Makinde
Gubernur Negara Bagian Oyo di Nigeria ini dinyatakan positif mengidap virus corona baru.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)