China Latihan Perang Lagi di Laut China Selatan, Taiwan Khawatir Perang Pecah

Rabu, 30 September 2020 - 15:39 WIB
loading...
China Latihan Perang Lagi di Laut China Selatan, Taiwan Khawatir Perang Pecah
Kapal induk Liaoning China saat terlibat dalam latihan tempur Beijing. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - China memulai latihan perang putaran ketiga di wilayah yang disengketakan di Laut China Selatan . Taiwan khawatir manuver militer Beijing ini dapat menyebabkan konflik lintas-Selat Taiwan.

Surat kabar South China Morning Post melaporkan katihan tembak-menembak tiga hari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) akan berlangsung hingga Rabu (30/9/2020) di dekat Kepulauan Paracel yang disengketakan di Laut China Selatan.

Ini adalah ketiga kalinya tahun ini PLA China mengadakan latihan tempur di Laut China Selatan, wilayah yang jadi pemantik ketegangan antara China, Amerika Serikat (AS), dan negara-negara pengklaim wilayah tersebut.(Baca: Militer China Latihan Perang Besar-besaran di Empat Laut )

Kepulauan Paracel yang disengketakan, yang oleh China disebut Kepulauan Xisha, diduduki oleh Beijing pada tahun 1974. Namun, kepulauan itu juga diklaim oleh Taiwan dan Vietnam.

Sebelumnya, PLA menggelar latihan tempur pada 1 Juli dan 18 Juni, yang memicu kecaman dari Vietnam dan AS. Amerika tidak ikut mengklaim wilayah perairan itu, namun menuntut kebebasan bernavigasi dengan alasan area itu merupakan wilayah perairan internasional.

Sedangkan Hanoi menyalahkan Beijing yang dianggap melanggar kedaulatan Vietnam di Laut China Selatan. (Baca: Media China Sentil Indonesia karena Menentang Klaim China di Laut China Selatan )

Kekhawatiran pecahnya perang di sekitar Laut China Selatan disampaikan Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu. Dia menuduh China meningkatkan penindasan diplomatik dan ancaman militer yang dapat menyebabkan konflik militer di Selat Taiwan.

Joseph mengatakan kepada Komite Pertahanan Luar Negeri dan Nasional badan legislatif negara pulau itu—yang secara lokal dikenal sebagai Legislatif Yuan—bahwa kapal Angkatan Laut PLA telah terdeteksi di dekat perbatasan Taiwan, sedangkan jet-jet tempurnya sering memasuki zona identifikasi pertahanan udara Taiwan (ADIZ), dan bahkan sesekali melewati garis tengah Selat Taiwan.

Taiwan telah mengeluhkan intrusi jet-jet tempur China setidaknya tujuh kali antara 16 dan 24 September. Jet-jet temur PLA pada awal bulan ini berputar-putar di atas Selat Taiwan ketika seorang pejabat tinggi AS melakukan kunjungan ke Taipei.

China mengklaim Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri, sementara Taipei bersikeras pada kemerdekaannya sejak 1949.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1658 seconds (0.1#10.140)