Hari Ini Debat Pertama Trump vs Biden, Berikut 5 Topik Debat

Rabu, 30 September 2020 - 06:59 WIB
loading...
Hari Ini Debat Pertama Trump vs Biden, Berikut 5 Topik Debat
Capres Partai Demokrat Joe Biden (kiri) dan capres petahana Partai Republik Donald John Trump akan debat perdana untuk pemilihan presiden Amerika Serikat 2020, Rabu (30/9/2020) WIB. Foto/Global News
A A A
WASHINGTON - Debat pertama calon presiden (capres) untuk pemilihan presiden ( pilpres ) Amerika Serikat (AS) 2020 digelar Selasa malam waktu setempat atau hari ini (30/9/2020) WIB. Debat antara capres petahana dari Partai Republik Donald John Trump melawan capres Partai Demokrat Joe Biden akan dimoderatori oleh pembawa acara "Fox News Sunday"; Chris Wallace.

Berikut informasi seputar debat pertama capres Amerika yang dirangkum SINDOnews.com;

Capres yang Debat
-Donald John Trump, 74, diusung Partai Republik. Dia presiden AS saat ini yang juga capres petahana. Jika menang pilpres, maka Trump akan berkuasa dua periode.
-Joseph Robinette Biden Jr atau Joe Biden, 77, diusung Partai Demokrat. Dia wakil presiden AS periode 2009-2017 atau era Presiden Barack Obama.

Lokasi Debat
Tuan rumah debat adalah Health Education Campus of Case Western Reserve University and Cleveland Clinic (Kampus Pendidikan Kesehatan Universitas Case Western Reserve dan Klinik Cleveland).

Waktu Debat
Debat digelar pada Selasa 29 September 2020 pukul 21.00-22.00 malam waktu setempat atau Rabu (30/9/2020) pagi WIB.

Durasi
Debat akan mencakup enam segmen berdurasi 15 menit.

Lima Topik Debat
Wallace telah memilih lima topik yang akan jadi bahan perdebatan Trump dan Biden, yakni Mahkamah Agung, COvid-19, Ekonomi, Rasisme dan Kekerasan di Kota AS, Integritas Pemilu. (Baca: Trump Tak Jamin Transfer Kekuasaan Berlangsung Damai Jika Dia Kalah Pilpres )

Dalam pemilu di mana hampir semua orang mengatakan mereka telah mengambil keputusan, beberapa pengamat debat mengatakan mereka mencoba memutuskan siapa yang akan dipilih. Sebaliknya, mereka mendukung kandidat mereka, mencari untuk melihat bagaimana kinerja mereka, dan mereka juga berperan sebagai konsultan politik, menawarkan beberapa pandangan tentang strategi debat untuk kandidat mereka.

Baik pemilih Biden dan Trump ingin kandidat mereka menjelaskan rencana mereka dan membangkitkan kepercayaan diri. Kedua hal tersebut berada di daftar teratas ketika ditanya apa yang harus dilakukan kandidat mereka dalam debat beberapa jam lagi.

Menurut suvei CBS News, banyak pemilih Biden berpikir dia perlu menghindari kesalahan dalam debat pertama. Sebanyak 57 persen pendukung Biden mengatakan dia harus menghindari kesalahan, sebagai perbandingan, hanya 40 persen pemilih Trump yang mengatakan itu tentang kandidat mereka.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)