Su-30 Jatuh Diduga Tak Sengaja Dirudal Sesama Jet Tempur Rusia

loading...
Su-30 Jatuh Diduga Tak Sengaja Dirudal Sesama Jet Tempur Rusia
Pesawat jet tempur Su-30 Rusia. Foto/Sergei Bobylev/TASS
A+ A-
MOSKOW - Pesawat jet tempur Su-30 Rusia jatuh ketika sedang dalam misi pelatihan rutin pada hari Selasa lalu. Media pemerintah, TASS, melaporkan kejadian tersebut diduga merupakan insiden "friendly fire", yakni tak sengaja ditembak oleh jet tempur rekannya yang ikut serta dalam pelatihan.

Su-30 sedang dalam misi pelatihan rutin dengan dua pilot di dalamnya pada hari Selasa ketika jatuh di dekat sebuah desa di wilayah Tver di barat laut Moskow. Kedua pilot keluar sebelum pesawat itu jatuh dan segera dievakuasi oleh helikopter pencarian dan penyelamatan (SAR). (Baca: Pesawat Tempur Su-30 Rusia Jatuh saat Latihan)

"Penyebab awal dari kecelakaan itu adalah rudal yang secara tidak sengaja menghantam Su-30 selama latihan," kata sumber yang tidak disebutkan namanya di layanan darurat regional kepada TASS hari Rabu (23/9/2020).

"Tembakan itu dilakukan oleh pesawat lain," lanjut sumber tersebut.



Sementara itu, situs berita militer Defense Blog mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan jet tempur Su-35 diduga telah menembak jatuh Su-30. (Baca juga: Nego Ulang Proyek Jet Tempur KF-X/IF-X, Pihak Korsel Terbang ke Indonesia)

Sumber yang dikutip TASS mengatakan kedua pilot Su-30 dalam kondisi stabil. Militer Rusia belum berkomentar atas laporan dugaan insiden "friendly fire" tersebut.
(min)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top