Robot dengan Kecerdasan Buatan Layani Konsumen di Restoran Seoul

loading...
Robot dengan Kecerdasan Buatan Layani Konsumen di Restoran Seoul
Pegawai meletakkan makanan di rak robot canggih di satu restoran di Seoul, Korsel, 15 September 2020. Foto/REUTERS
A+ A-
SEOUL - “Aglio Kim”, robot berbentuk troli yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) membawa makanan pada para konsumen di satu restoran di Seoul, Korea Selatan.

Kehadiran robot itu untuk meminimalkan kontak manusia dan membantu memastikan pelaksanaan social distancing.

Beberapa saat setelah para konsumen memesan melalui layar sentuh di meja, robot setinggi 1,25 meter itu membawa makanan dan menggunakan kemampuan lokalisasi dan pemetaan simultan (SLAM) untuk menghindari penghalang dan bergerak menuju konsumen.

Robot itu dikembangkan oleh perusahaan telekom Korea Selatan (Korsel), KT Corp. “Robot itu dapat membawa makanan hingga ke empat meja sekaligus,” papar kepala Tim Bisnis Platform AI KT.

Robot itu dilengkapi rak makanan yang dapat membawa beban 30 kg dan layar LCD dan speaker yang dapat berkomunikasi dengan bahasa Korea dan Inggris.



“Konsumen menganggap layanan robot itu sangat unik dan menarik, serta terasa aman dari virus corona,” kata Lee Yong-ho, manajer di restoran Mad for Garlic yang menguji robot itu bulan ini.

Mulai Senin, restoran dan cafe di wilayah metropolitan Seoul diizinkan buka setelah pukul 9 malam, tapi jarak antar meja harus dua meter dan mencatat nama dan kontak dengan rinci. (Baca Juga: Terungkap, AS Pernah Tembakkan Rudal yang Bisa Tepat Hantam Kim Jong-un)

Badan Pencegahan dan Kontrol Penyakit Korea (KDCA) melaporkan 106 kasus virus corona baru pada Senin (14/9), sehingga total infeksi menjadi 22.391 kasus dengan 367 kematian. (Baca Infografis: Kapal Angsa Siap Menantang Pelancong Keliling Benua)

KT mengaku ingin menyuplai lebih banyak robot untuk restoran-restoran tahun ini dan akan merilis model kedua dengan teknologi pengenalan suara AI awal tahun depan. (Lihat Video: Tur Virtual Hagia Sophia Istanbul Turki Part 1)
(sya)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top