AS Lirik Yunani Jika Markas Bom Nuklirnya di Turki Ditutup Erdogan

Sabtu, 12 September 2020 - 09:59 WIB
loading...
A A A
Pangkalan Angkatan Laut AS di Teluk Souda adalah satu-satunya pelabuhan laut di Mediterania Timur yang mampu menampung kapal induk AS. Pangkalan di pantai utara Kreta itu sudah menjadi tempat yang sangat sibuk.

Berdekatan dengan fasilitas Teluk Souda adalah Bandara Internasional Chania, yang juga digunakan sebagai pangkalan udara oleh Angkatan Udara Hellenic. Namun, mengingat Chania sudah menjadi bandara tersibuk keenam di Yunani, menangani beban kerja yang meningkat dalam mengurus pesawat AS yang pernah terbang ke Incirlik bisa menjadi tugas yang menakutkan.

“Sangat disayangkan jalan yang diambil Erdogan," kata Johnson. "Ini mengganggu. Ini sangat memprihatinkan, yang merupakan salah satu alasan kami untuk pasti meningkatkan kerjasama militer kami dengan Yunani...memperkuat kehadiran kami di Teluk Souda, karena kehadiran kami, sejujurnya, di Turki pasti terancam," paparnya. (Baca juga: Diancam Ditutup Erdogan, AS Beri Rp1,3 Triliun untuk Upgrade Pangkalan Incirlik )

Namun, Johnson tidak mengatakan apa-apa tentang sekitar 50 senjata nuklir yang disimpan AS di Incirlik.

Aykan Erdemir, mantan anggota parlemen Turki dan analis senior Turki di lembaga think tank Foundation for Defense of Democracies mengatakan kepada Washington Examiner bahwa Washington tidak selalu memikirkan satu alternatif untuk Incirlik. "Tetapi sejumlah opsi rebasing yang saling melengkapi sebagai kontingensi untuk Incirlik," katanya.

“Ini telah berlangsung cukup lama, secara bertahap. Saya pasti akan berpendapat bahwa ini bukan hal baru, tetapi mungkin secara kualitatif berubah dalam hal sifat dan tingkat kehadiran dan investasi AS di dalamnya," paparnya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)