Kasus Covid-19 Tak Turun, Lockdown di Melbourne Diperpanjang Dua Pekan

Jum'at, 11 September 2020 - 22:48 WIB
loading...
Kasus Covid-19 Tak Turun, Lockdown di Melbourne Diperpanjang Dua Pekan
Lockdown kedua berlaku di Melbourne dan wilayah sekitar. Foto/REUTERS
A A A
MELBOURNE - Lockdown ketat di kota Melbourne, Australia , diperpanjang hingga dua pekan karena kasus baru Covid-19 belum turun.

Perdana Menteri (PM) Negara Bagian Victoria Daniel Andrews menyatakan pembatakan akan berlaku hingga 28 September dengan sedikit kelonggaran.

Pelonggaran bertahap akan diterapkan mulai Oktober. Negara bagian itu telah menjadi pusat gelombang kedua pandemi Covid-19, mencakup 90% dari total 753 kematian di Australia .

Australia telah mencatat total 26.000 kasus dengan populasi 25 juta jiwa.

Wilayah Melbourne memasuki lockdown kedua pada 9 Juli setelah peningkatan kasus. Pembatasan perjalanan 5 km dan jam malam diberlakukan saat toko dan bisnis ditutup.

Tahap saat ini, empat lockdown awalnya akan berakhir pada 13 September.

Jam malam di Melbourne akan diperpanjang dari jam 21.00 hingga 05.00. Satu orang akan diizinkan saling mengunjungi dan batas perjalanan saat ini tidak akan berlaku untuk pertemuan itu.

“Hanya ada satu opsi dan itu adalah melakukan ini dalam serangkaian langkah yang aman. Anda tidak dapat menghentikan lockdown . Karena Anda semua memasuki gelombang ketiga dan kita akan dikunci lagi,” kata Andrews saat konferensi pers awal pekan ini.

“Kita tidak bisa membuka saat ini. Jika kita melakukannya, kita akan kehilangan kontrol sangat cepat. Saya ingin Natal mendekati senormal mungkin dan ini satu-satunya cara, langkah itu hanya satu-satunya cara yang akan kita lakukan hingga titik itu,” papar dia.

Jika rata-rata jumlah kasus harian antara 30 dan 50 pada 28 September, kota itu akan memasuki tahap tiga pembatasan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3113 seconds (11.252#12.26)