Korsel Yakin Jong-un Tak Jalani Operasi

Senin, 04 Mei 2020 - 05:52 WIB
loading...
Korsel Yakin Jong-un Tak Jalani Operasi
Pemimpin Korut Kim Jong-un saat mengunjungi pabrik pupuk awal Mei 2020. FOTO/Reuters
A A A
SEOUL - Seorang pejabat Korea Selatan (Korsel) menyatakan, meski tiga pekan tak muncul ke hadapan public, namun Korsel meyakini kalau pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un tidak menjalani operasi. Pernyataan ini dilontarkan pejabat tersebut pasca baku tembak di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua negara, Minggu (3/5).

"Penilaian kami adalah bahwa (Kim) tidak menjalani operasi," kata pejabat yang tak ingin identitasnya diungkap, seperti dikutip dari Reuters. Saat ditanya apakah tidak benar, laporan media mengenai Jong-un yang baru saja menjalani perawatan medis ringan, pejabat itu hanya mengatakan: "Ya."

Pejabat pemerintah Korsel menolak memberikan alasan. Tetapi, ia mengatakan bahwa munculnya laporan Jong-un telah menjalani operasi yang didasarkan pada beberapa perbedaan dalam gerakan kakinya, adalah tidak benar. Satu laporan menyebut bahwa ia telah menjalani operasi kardiovaskular.

Setelah berminggu-minggu beredar spekulasi kuat tentang kesehatan dan keberadaan Jong-un, media resmi Korut menerbitkan foto-foto dan laporan pada akhir pekan lalu tentang kehadiran diktator muda itu di peresmian sebuah pabrik pupuk.

Dalam foto-foto itu, Jong-un terlihat tersenyum dan berbicara dengan para pembantunya di upacara pemotongan pita dan berkeliling pabrik. Rekaman TV pemerintah menunjukkan gerakan kaki Kim tampak kaku dan tersentak-sentak. Meski demikian, keaslian foto, yang diterbitkan di situs surat kabar resmi Rodong Sinmun, tidak dapat diverifikasi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1739 seconds (0.1#10.140)