AS: Israel dan Lebanon Hampir Rampungkan Masalah Perbatasan

Rabu, 09 September 2020 - 14:59 WIB
loading...
AS: Israel dan Lebanon Hampir Rampungkan Masalah Perbatasan
Amerika Serikat menuturkan Beirut dan Tel Aviv semakin dekat untuk menyetujui kerangka kerja di perbatasan mereka yang disengketakan. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Beirut dan Tel Aviv semakin dekat untuk menyetujui kerangka kerja di perbatasan mereka yang disengketakan. Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Urusan Timur Dekat, David Schenker.

Lebanon dan Israel secara teknis berada dalam keadaan perang. Tetapi, studi terbaru menunjukkan adanya potensi cadangan gas alam lepas pantai telah menarik perhatian Washington untuk menengahi kesepakatan perbatasan kedua negara. (Baca juga: Amerika Keluarkan Peringatan Level 3 ke Indonesia, Ini Kata Satgas Covid-19 )

Setidaknya tiga utusan AS yang berbeda telah mengerahkan upaya diplomatik yang signifikan untuk membantu menyelesaikan sengketa perbatasan laut. Pada tahun 2012, Frederic Hof, terutama, mengusulkan pembagian perairan yang disengketakan di sepanjang yang menjadi "Garis Hof". Ini akan membuat Lebanon mengambil 500 km persegi. dari 842.

Schenker menuturkan, setelah sekian upaya untuk membantu kedua negara menyelesaikan masalah perbatasan mereka, khususnya perbatasan laut, sebuah titik cerah akhirnya ditemukan. Dia mengatakan, kedua negara sudah dekat untuk mencapai kesepakatan. ( Baca juga: Mata Uang Garuda Masih Tertekan Perseteruan Dua Bebuyutan )

"Saya pikir kita semakin dekat dan ini akan membuka peluang bagi Lebanon dan Israel untuk membuat beberapa kemajuan nyata," kata Schenker dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (9/9/2020).

Dia mengatakan, kesepakatan ini akan memberikan kerangka kerja untuk benar-benar mulai bernegosiasi di perbatasan. "Kerangka itu penting dan seharusnya sudah diselesaikan lama sekali. Saya berharap bisa datang ke Lebanon dan menandatangani perjanjian ini dalam beberapa minggu mendatang," ujarnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0839 seconds (0.1#10.140)