Serangan Racun Navalny, Merkel Siap Pimpin Eropa Mensanksi Rusia

Selasa, 08 September 2020 - 23:27 WIB
loading...
Serangan Racun Navalny, Merkel Siap Pimpin Eropa Mensanksi Rusia
Kanselir Jerman Angela Merkel. Foto/The Straits Times
A A A
BERLIN - Kanselir Jerman Angela Merkel bermaksud untuk mengoordinasikan tindakan apa pun terhadap Rusia atas serangan racun terhadap pemimpin oposisi Alexey Navalny dengan mitra Eropanya, mengesampingkan tanggapan sepihak.

Merkel membuat komentar itu pada pertemuan tertutup kaukus parlemen yang dipimpin Demokrat Kristen di Berlin, menurut seorang pejabat yang meminta untuk tidak disebutkan namanya sejalan dengan aturan pengarahan. Dia menekankan bahwa serangan racun terhadap Navalny tidak ditujukan ke Jerman dan oleh karena itu menjadi masalah bagi seluruh Uni Eropa.

Ketika kejengkelan terhadap pemerintahan Presiden Rusia Vladimir Putin mencapai batasnya di Berlin, Merkel memutuskan dengan posisinya sebelumnya minggu ini dan membuka pintu untuk kemungkinan tindakan terhadap pipa gas Nord Stream 2. Ini adalah sebuah perubahan sikap yang drastis setelah sebelumnya menyerukan agar proyek pipa gas tersebut diselesaikan dan diperlakukan secara terpisah dari kasus Navalny.

"Dalam pertemuan tersebut, dia mengindikasikan bahwa dia belum membuat keputusan akhir tentang apakah pipa Laut Baltik yang kontroversial dari Rusia akan terpengaruh oleh tindakan apa pun terhadap Moskow," kata pejabat itu seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (8/9/2020).(Baca juga: Jerman Ancam Jatuhkan Sanksi pada Rusia Terkait dengan Navalny )

Pemikiran Merkel bergeser setelah spesialis militer Jerman memutuskan minggu lalu bahwa Navalny telah diracuni oleh Novichok, racun saraf yang dikembangkan Rusia.

"Navalny telah diracuni, ini jelas jelas - dan ini adalah sesuatu yang tidak akan kami terima," kata Wakil Kanselir Olaf Scholz.

“Itu bertentangan dengan semua gagasan hukum yang kami miliki,” imbuhnya.

Scholz, menteri keuangan Jerman, mengulangi komentar Merkel, mengatakan bahwa Jerman akan bekerja dengan mitra Uni Eropa (UE) dan NATO untuk mengembangkan tanggapan terhadap Moskow - dan menolak untuk mengatakan apakah dia mendukung proyek pipa tersebut.

Navalny, seorang politisi dan penyelidik korupsi yang merupakan salah satu pengkritik paling vokal Presiden Rusia Vladimir Putin, jatuh sakit dalam penerbangan kembali ke Moskow dari Siberia pada 20 Agustus. Ia kemudian dibawa ke rumah sakit di kota Omsk di Siberia setelah pesawat melakukan pendaratan darurat.

Para pendukung Navalny di Rusia bersikeras dia sengaja diracuni oleh otoritas negara, tuduhan yang ditolak Kremlin sebagai "omong kosong".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)