Rusia-Turki Sepakati Gencatan Senjata di Idlib

Jum'at, 06 Maret 2020 - 02:31 WIB
Rusia-Turki Sepakati Gencatan Senjata di Idlib
Rusia-Turki Sepakati Gencatan Senjata di Idlib
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitranya dari Turki, Recep Tayyep Erdogan, mencapai kata sepakat untuk memberlakukan gencatan senjata di Idlib, Suriah.

"Pada 00.01 malam ini, yang sudah masuk, dari tengah malam, gencatan senjata akan diberlakukan," kata Erdogan, setelah lebih dari enam jam melakukan perundingan di Moskow, Rusia.

"Kami menyetujui dokumen bersama," kata Putin, seraya menambahkan bahwa ia berharap dokumen itu akan berfungsi sebagai dasar yang baik untuk mengakhiri pertempuran di zona eskalasi Idlib dan mengakhiri penderitaan penduduk sipil seperti dilansir dari France24, Jumat (6/3/2020).

Erdogan menambahkan bahwa Turki berhak untuk membalas dengan semua kekuatannya terhadap serangan apa pun oleh Damaskus meskipun ada gencatan senjata baru.

"Rezim (Suriah) adalah orang yang harus disalahkan atas kegagalan perjanjian (Sochi 2018)," ujar Erdogan.

Dalam pernyataan bersama yang dibacakan oleh Menteri Luar Negeri Turki dan Rusia, kedua belah pihak sepakat untuk membangun koridor aman di sepanjang jalan raya timur-barat di Idlib Suriah dan mengadakan patroli bersama di sana pada 15 Maret. Koridor itu akan membentang enam kilometer ke utara dan enam kilometer ke selatan jalan raya M4.

"Menteri Pertahanan kedua negara akan menyepakati parameter koridor dalam waktu tujuh hari," kata mereka.

Pernyataan itu juga mengatakan patroli bersama akan dimulai di sepanjang M4 dari pemukiman Trumba di barat kota Saraqeb yang strategis, dan lari ke pemukiman Ain al Havr.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5300 seconds (0.1#10.140)