Mundur dari Pencalonan Capres AS, Bloomberg Putuskan Dukung Joe Biden

Kamis, 05 Maret 2020 - 18:24 WIB
Mundur dari Pencalonan Capres AS, Bloomberg Putuskan Dukung Joe Biden
Mundur dari Pencalonan Capres AS, Bloomberg Putuskan Dukung Joe Biden
A A A
WASHINGTON - Michael Bloomberg mengumumkan bahwa dia mundur dari pencalonan calon Presiden (capres) Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat. Bloomberg kemudian mengatakan, dia mendukung Joe Biden dalam pencalonan capres AS dari Partai Demokrat.

"Tiga bulan lalu, saya memasuki perlombaan untuk mengalahkan Donald Trump," kata Bloomberg dalam sebuah pernyataan di akun Twitternya, seperti dilansir Tass pada Kamis (5/3/2020).

"Hari ini, saya berangkat dengan alasan yang sama. Mengalahkan Trump dimulai dengan bersatu dan mendukung kandidat dengan peluang terbaik untuk melakukannya. Jelaslah bahwa itu adalah teman saya dan seorang warga AS yang hebat, Joe Biden," sambungnya.

Biden sendiri diketahui meraih momentum dengan memenangkan sembilan negara bagian, termasuk Texas, dalam Super Tuesday. Adapun Bernie Sanders unggul di California yang merupakan pertarungan terbesar dalam pemilu pendahuluan Partai Demokrat itu.

Super Tuesday kali ini menjadi salah satu ukuran penting bagi para capres dari Demokrat untuk menuju Gedung Putih. Warga Amerika Serikat (AS) di 14 negara bagian memberikan suaranya untuk capres yang akan melawan Presiden AS Donald Trump pada pemilu 3 November.

Biden menyapu bersih wilayah Selatan, Midwest dan New England. Dia juga menang di Texas yang merupakan hadiah terbesar setelah California.

Dengan dukungan dari Afro Amerika, moderat, dan lanjut usia (lansia), Biden juga menyapu kemenangan di Alabama, Arkansas, Massachusetts, Minnesot, North Carolina, Oklahoma, Tennessee dan Virginia.

Ini menjadi hasil spektakuler bagi Biden yang kampanyenya sempat pasrah, setelah hasil buruk di Iowa dan New Hampshire. Hingga sepekan lalu, dia hanya membuntuti Sanders di sebagian besar negara bagian dalam berbagai survei nasional.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5087 seconds (0.1#10.140)