Trump Anjurkan Pendukungnya Memilih Dua Kali, Picu Badai Kritik

Jum'at, 04 September 2020 - 18:15 WIB
loading...
Trump Anjurkan Pendukungnya Memilih Dua Kali, Picu Badai Kritik
Presiden AS Donald Trump. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menganjurkan warga di Carolina Utara memilih dua kali dalam pemilu 3 November, satu lewat surat dan satu langsung datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

Saran Trump itu pun memicu badai kritik karena tindakan itu merupakan bentuk kecurangan dalam pemilu.

“Biarkan mereka mengirimnya di dalam (surat) dan biarkan mereka datang memilih (ke TPS),” kata Trump saat wawancara dengan WECT-TV di Wilmington, Carolina Utara.

“Dan jika sistem itu sebagus yang mereka katakan, maka tentu mereka tidak akan dapat memilih secara langsung (ke TPS),” papar Trump.

Trump berulang kali menuduh tanpa bukti bahwa memberikan suara lewat surat yang disarankan beberapa negara bagian karena pandemi virus corona itu akan menambah kecurangan dan mengacau pemilu November.

Namun para pakar menyatakan kecurangan semacam itu sangat jarang di AS .

Saat pawai pada Kamis (3/9) malam, Trump mengulangi seruannya agar datang ke TPS bahkan jika mereka telah mengirim suara lewat surat. Dia menuduh Partai Demokrat akan berupaya mencuri pemilu dengan manipulasi suara yang dikirim lewat surat.

“Anda harus memastikan suara Anda dihitung, karena satu-satunya cara mereka mengalahka nkita adalah melalui cara itu,” kata Trump di Latrobe, Pennsylvania.

Memberikan suara lebih dari sekali dalam pemilu merupakan tindakan ilegal. Di beberapa negara bagian, termasuk Carolina Utara, memilih lebih dari sekali adalah kejahatan, termasuk menyarankan orang lain untuk melakukannya.

Surat suara mulai dikirim lewat surat di Carolina Utara pada Jumat (4/9).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)