Dunia Sedang Panik Virus Corona, Korut Malah Tembakkan 2 Rudal

Senin, 02 Maret 2020 - 11:37 WIB
Dunia Sedang Panik Virus Corona, Korut Malah Tembakkan 2 Rudal
Dunia Sedang Panik Virus Corona, Korut Malah Tembakkan 2 Rudal
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) pada hari Senin (2/3/2020) menguji tembak dua rudal yang belum diidentifikasi ke arah Laut Jepang. Manuver misil rezim Kim Jong-un ini terjadi di saat masyarakat internasional sedang panik dengan wabah virus Corona baru, Covid-19, yang telah membunuh lebih dari 3.000 orang.

Militer Korea Selatan (Korsel) dalam sebuah pernyataan mengonfirmasi uji tembak dua misil oleh rezim Pyongyang. Ini merupakan peluncuran misil pertama oleh negara komunis tersebut pada tahun ini.

Kepala Staf Gabungan (JCS) militer Korsel mengatakan dua proyektil ditembakkan dari Wonsan di pantai timur Korea Utara dan menuju ke Laut Jepang atau dikenal di Korea sebagai Laut Timur.

"Militer kami menjaga postur kesiapan sambil melacak dan memantau gerakan yang relevan dalam persiapan untuk peluncuran (misil) tambahan," kata JCS Korsel dalam sebuah pernyataan seperti dikutip NK News.

Uji tembak dua rudal ini hanya berselang beberapa hari setelah Korea Utara melakukan apa yang digambarkan sebagai latihan militer "serangan gabungan" di pantai timurnya, yang sekaligus menjadi latihan militer pertama pada 2020.

Sebelum ini, rezim Korut yang dipimpin Kim Jong-un pernah menguji tembak misil pada 28 November 2019 yang oleh Pyongyang kala itu diklaim sebagai "uji coba peluncur roket ganda super-besar".

Pada 3 Oktober 2019 rezim Pyongyang juga menguji tembak rudal balistik Pukguksong-3 tipe baru dari kapal selam.

Tes misil hari ini dilakukan setelah berbulan-bulan tidak ada tindakan diplomatik antara AS dan Korea Utara terkait kelanjutan denuklirisasi Korut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6054 seconds (0.1#10.140)