India Kirim Pasukan ke Perbatasan di Tengah Ketegangan dengan China

Rabu, 02 September 2020 - 22:28 WIB
loading...
India Kirim Pasukan ke Perbatasan di Tengah Ketegangan dengan China
Foto/Ilustrasi
A A A
NEW DELHI - India dilaporkan telah memindahkan pasukannya untuk menjaga wilayah timur perbatasan yang dibatasi secara longgar dengan China di Arunachal Pradesh sejak Juni lalu. Hal itu diungkapkan seorang pejabat pemerintah yang dikutip oleh Reuters.

Dengan meningkatnya kehadiran militer di distrik Anjaw di negara bagian timur laut, para analis percaya, ada kemungkinan lebih tinggi untuk berhadap-hadapan dengan militer China di wilayah tersebut. Untuk diketahui wilayah itu adalah titik didih selama perang 1962 antara India dan China.

Sementara pejabat di wilayah tersebut memastikan bahwa pasukan telah meningkatkan aktivitas setelah insiden Galwan pada 15-16 Juni, dia juga mencatat bahwa peningkatan telah dimulai sebelum pertempuran kecil.

Namun demikian, juru bicara militer India, Letnan Kolonel Harsh Wardhan Pande, mengatakan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan pasukan yang tiba di daerah itu merupakan bagian dari rotasi reguler.

“Pada dasarnya, ini adalah unit yang berubah. Itu terjadi seperti yang terjadi setiap saat, tidak banyak, "kata Pande kepada Reuters dari Guwahati, kota terbesar di timur laut India, yang dinukil Sputnik, Rabu (2/9/2020).

Dengan pasukan India ditempatkan di titik-titik penting secara strategis di wilayah Ladakh, spekulasi tersebar luas bahwa pasukan China dapat membuka front lain di sepanjang Garis Kontrol 4.057 km. Kementerian Dalam Negeri India bahkan telah mengeluarkan peringatan, memperingatkan pasukan di sepanjang perbatasan China, Nepal dan Bhutan.

Wilayah timur laut India adalah yang paling sensitif, mengingat tuduhan bahwa China telah memobilisasi gerakan separatis dan pemberontak di wilayah tersebut.

India dan China telah berada dalam kebuntuan perbatasan sejak minggu terakhir bulan April dan pelepasan pasukan masih jauh dari selesai di sepanjang Garis Kontrol Aktual. Situasi menjadi lebih tegang sejak pertikaian 29-30 Agustus antara pasukan India dan China. Juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa sepengetahuannya, tidak ada tentara India yang tewas dalam bentrokan perbatasan baru-baru ini. (Baca juga: Para Tentara China dan India Bentrok Tangan Kosong di Pangong Tso )

Ketegangan antara kedua negara mencapai titik didih pada pertengahan Juni, ketika bentrokan mematikan antara pasukan terjadi di Lembah Galwan di wilayah Ladakh yang disengketakan. Pertempuran itu merenggut nyawa 20 tentara India, sementara Beijing belum secara resmi melaporkan adanya korban. Sejak itu, kedua belah pihak telah terlibat dalam pembicaraan tingkat tinggi untuk meredakan ketegangan. (Baca juga: Sebelum Bentrok dengan India, China Kerahkan Jet Tempur Siluman J-20 )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)