Sebuah Buku Ungkap Gaya Hidup Putra Mahkota Saudi, Termasuk Pesta 150 Model Cantik

Selasa, 01 September 2020 - 12:38 WIB
loading...
A A A
Kecemasan finansial tersebut membuat MBS mulai mencari cara untuk mendapatkan uang. Dia mendekati ayahnya dengan permintaan yang tidak biasa untuk seorang pangeran; Dia ingin membuka toko. Ayahnya hanya tertawa.

Namun, dengan segera, dia menghasilkan uang sungguhan. Pada usia 16 tahun, dia telah mengumpulkan sekitar USD100.000 dari penjualan koin emas dan jam tangan mewah yang diberikan sebagai hadiah oleh keluarganya yang kaya. Dia mulai berdagang saham. (Baca juga: Refly Harun: Demonstrasi Minta Jokowi Mundur Bukan Makar )

Dia kemudian mulai meluncurkan perusahaannya sendiri. Dia mendirikan bisnis pengumpulan sampah dan sekelompok perusahaan real estate.

Dia seringkali bisa menjadi kejam. "Dalam salah satu legenda yang sering diceritakan, dia mengirim peluru ke pejabat lapangan yang menolak memberinya hak atas plot yang dia minta," tulis para penulis. Langkah itu membuatnya mendapat julukan "Father of the Bullet".

Koneksi pemerintahnya juga membantu melapisi kantongnya. Dia dan bangsawan lainnya terlibat dalam perdagangan setelah regulator menemukan mereka membeli perusahaan secara besar-besaran sebelum pengumuman yang layak diberitakan.

Arab Saudi, sejak didirikan, diperintah oleh sekelompok bangsawan yang harus berbagi kekuasaan dan membangun konsensus. Seringkali, berbagai faksi tidak setuju. Namun dalam kebangkitannya ke tampuk kekuasaan, MBS terbukti tak henti-hentinya menaklukkan potensi oposisi dan konsolidasi kekuasaannya. Dia akhirnya melompati sepupunya untuk menjadi putra mahkota, dan beberapa bulan kemudian memiliki banyak bangsawan yang dipenjara dalam "pembersihan korupsi" tahun 2017.

MBS, yang disebut dekat dengan ayahnya, telah menjadi penguasa de facto Arab Saudi. Dia adalah kekuatan di balik banyak reformasi baru-baru ini di negara itu, termasuk dekrit tahun 2017 yang mengizinkan wanita mengemudi. Karena masa mudanya, pengaruhnya (dan pembelanjaan yang boros) kemungkinan besar akan dirasakan untuk waktu yang lama.

“Lupakan kritik, kata timnya. Mohammed memiliki waktu bertahun-tahun untuk membuktikan visinya," tulis para penulis. Dia bahkan belum menjadi raja. Warisannya mungkin datang dalam 10, 20, bahkan 30 tahun."

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi maupun pihak MBS belum berkomentar atas publikasi buku dua jurnalis tersebut.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0815 seconds (0.1#10.140)