alexametrics

Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong-ho Diganti

loading...
Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong-ho Diganti
Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong-ho menghadiri acara di Beijing, China. Foto/REUTERS
A+ A-
PYONGYANG - Menteri Luar Negeri (Menlu) Korea Utara (Korut) Ri Yong-ho diganti, berdasarkan laporan NK News yang berbasis di Seoul.

"Pengganti Ri belum disebutkan tapi Korut akan mengumumkan penggantinya pada Kamis (23/1) mendatang," papar laporan NK News berdasarkan sumber anonim.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Korsel) menyatakan setiap perubahan status Ri tentu dipertimbangkan secara cermat.



"Lahir pada 1956, Ri adalah putra Ri Myong-je, mantan deputi direktur Departemen Organisasi dan Panduan (OGD), lembaga bayangan di dalam Partai Pekerja Korut yang mengawasi penunjukan posisi manajemen di negara," papar pernyataan Kementerian Unifikasi Korsel yang menangani berbagai urusan terkait Korut.

Ayahnya juga editor di kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA) yang merilis berbagai pernyataan propaganda pemerintah Pyongyang.

Sebagai seseorang yang fasih berbahasa Inggris dan belajar di Universitas Bahasa Asing, Pyongyang, yang ternama, Ri selama beberapa tahun memegang posisi penting berkaitan dengan hubungan Korut dan Barat.

Sejak 2003 hingga 2007, Ri menjadi duta besar Korut untuk London dan menjadi wakil menteri luar negeri yang mewakili Korut dalam perundingan enam pihak terkait program nuklir Pyongyang.
(sfn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak