Resor Ski Australia Gunakan Snow Gun untuk Perangi Kebakaran

Minggu, 12 Januari 2020 - 02:01 WIB
Resor Ski Australia Gunakan Snow Gun untuk Perangi Kebakaran
Resor Ski Australia Gunakan Snow Gun untuk Perangi Kebakaran
A A A
SYDNEY - Resor-resor di Australia menggunakan Snowgun, mesin pembuat salju, untuk menyemprotkan air sedingin es ke lereng-lereng bukit saat kebakaran mengancam kawasan Snowy Mountains.

Angin yang panas dan kencang berhembus di kawasan yang terletak 200 km dari kebakaran wilayah pantai di bagian tenggara. Tayangan dari kamera live di Perisher menunjukkan "senapan salju" yang terhubung ke selang panjang, menyemprotkan air dan bukan bubuk putih.

"Kami telah mempersiapkan resor sebelum kondisi kebakaran memburuk. Kami melengkapi infrastruktur resor dengan mesin pembuat salju untuk mendukung otoritas pemadam kebakaran," papar pernyataan resor di Perisher.

Cara itu juga digunakan di Thredbo Ski Resort, tenggara puncak tertinggi Australia, Gunung Kosciuszko.

"Mereka telah mengaktifkan semua mesin pembuat saljut, sehingga menghentikan serangan bara api," papar Stephen Turner, pemilik Aneeki Ski Lodge di Thredbo.

Pesawat pemadam terbang rendah di atas Perisher dan lokasi ski lainnya pada Jumat (10/1), menumpahkan air berwarna merah terang untuk membantu melindungi infrastruktur dan kereta gantung dari kebakaran.

Warga lokal khawatir mengalami nasib yang sama seperti Selwyn Snow Resort, 50 km utara Thredbo di Taman Nasional Kosciuszko yang terbakar sepekan lalu. Kebakaran menghancurkan berbagai gedung di resor itu dan merusak peralatan salju.

Wilayah Snowy Mountains menjadi tujuan wisata populer saat musim panas, terutama bagi para pendaki dan pencinta alam lainnya. Sekitar 479.000 orang biasa berkunjung selama masa tanpa salju.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3111 seconds (0.1#10.140)