Presiden Taiwan Unggul Sementara dalam Pemilu yang Diawasi China

Sabtu, 11 Januari 2020 - 18:01 WIB
Presiden Taiwan Unggul Sementara dalam Pemilu yang Diawasi China
Presiden Taiwan Unggul Sementara dalam Pemilu yang Diawasi China
A A A
TAIPEI - Presiden Taiwan Tsai Ing-wen unggul sementara dalam penghitungan suara pemilu presiden pada Sabtu (11/1). Pemilu itu diawasi ketat oleh China yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya.

"Satu jam setelah tempat pemungutan suara (TPS) ditutup pada pukul 4 sore, Tsai unggul dibandingkan lawan utamanya Han Kuo-yu dari oposisi Partai Kuomintang dengan selisih lebih dari 500.000 suara," ungkap hasil penghitungan awal oleh tiga stasiun televisi Taiwan.

Hasil akhir diperkirakan diumumkan pada Sabtu (11/1) malam. Tsai akan menggelar konferensi pers pada pukul 8 malam waktu setempat.

China dan kerusuhan di Hong Kong menjadi elemen penting dalam pemilu Taiwan. Apalagi China meningkatkan upayanya agar Taiwan menerima kontrolnya, baik melalui intimidasi militer atau menawarkan model satu negara dua sistem.

"Saya melihat apa yang terjadi di Hong Kong dan itu mengerikan," kata pemilih Stacey Lin, 20, yang baru pertama kali memberikan suaranya. "Saya hanya ingin memastikan saya memiliki kebebasan untuk memilih di masa depan."

Saat berbicara di Taipei, Lin menjelaskan dia memilih Presiden Tsai Ing-wen dari Partai Demokratik Progresif (DPP) yang pro-kemerdekaan. "Dia yang terbaik di antara semua kandidat untuk melindungi demokrasi kita," ujar dia.

Tsai dan Han menolak model satu negara dua sistem seperti yang diterapkan China di Hong Kong. Han menyatakan dia akan memperbaiki hubungan dengan China untuk mendorong ekonomi Taiwan. Namun Han tidak akan kompromi dalam membela demokrasinya.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4252 seconds (0.1#10.140)