alexametrics

5 Senjata Api Paling Populer dan Para Penemunya

loading...
5 Senjata Api Paling Populer dan Para Penemunya
Sejumlah senjata api menjadi yang terpopuler di dunia sejak pertama kali diluncurkan. Tak hanya karyanya, penemu atau perancang senjata-senjata tersebut juga ikut populer. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
SEJUMLAH senjata api menjadi yang terpopuler di dunia sejak pertama kali diluncurkan. Tak hanya karyanya, penemu atau perancang senjata-senjata tersebut juga ikut populer. Berikut daftarnya.

1. Senapan Serbu AK-47 (Mikhail Kalashnikov)

5 Senjata Api Paling Populer dan Para Penemunya




Letnan Jenderal Mikhail Kalashnikov adalah seorang penemu, insinyur militer, penulis, dan jenderal perang Rusia. Dialah orang yang mengembangkan senjata api sejuta umat senapan serbu AK-47 beserta versi perbaikannya, AKM dan AK-74.Awalnya dirancang antara 1946 dan 1948, AK-47 menjadi senapan paling populer di dunia karena kemudahan dalam penggunaan, kehandalan dalam kondisi ekstrem, dan biaya produksi rendah.
2. Pistol Colt Revolver (Samuel Colt)

5 Senjata Api Paling Populer dan Para Penemunya


Sebelum 1830-an, berbagai macam pistol telah diproduksi dan bisa memuntahkan peluru hingga beberapa kali. Namun tidak ada yang bisa mengalahkan versi pertama dari pistol Colt Revolver yang dikembangkan Samuel Colt pada 1836.

Pistol Colt dibuat berdasarkan teknologi catridge jenis baru dan dapat menembak sebanyak 6 kali tanpa isi ulang. Ketika meninggal pada 1862, Samuel Colt adalah salah satu orang terkaya di Amerika Serikat.

3. Pistol, Senapan, dan Shotgun (John Moses Browning)

5 Senjata Api Paling Populer dan Para Penemunya


Desainer senjata api AS, John Browning Musa bertanggung jawab atas banyak senjata api di militer dan sipil, mekanisme pistol, dan peluru yang digunakan di seluruh dunia saat ini. Ia memiliki 128 paten terkait senjata api. Membuat senjata api pertamanya pada usia 13, Browning dianggap salah satu perancang senjata api paling sukses dari abad ke-20.

4. Senapan Serbu M16 (Eugene Stoner)

5 Senjata Api Paling Populer dan Para Penemunya


Perancang senjata api kelahiran Indiana, AS Eugene Stoner selalu dikaitkan dengan pengembangan senapan serbu AR-15, yang akhirnya diadopsi oleh militer AS sebagai M16. Banyak sejarawan menganggapnya sebagai salah satu perancang senjata api terkemuka dari abad ke-20.

5. Senapan Mesin Gutling Gun (Richard Gatling)

5 Senjata Api Paling Populer dan Para Penemunya


Dalam dunia militer, senapan mesin Gatling Gun dianggap sebagai pelopor senapan mesin pertama di dunia. Keganasan senjata pembunuh ini telah teruji pada saat perang saudara Amerika pada abad ke-18.

Pabrikan senjata api di dunia
1. Pindad (Indonesia)
PT Pindad (Persero) adalah BUMN yang memproduksi alat-alat militer seperti senjata, kendaraan militer dan amunisi. Pada 1808, William Herman Daendels, Gubernur Jenderal Belanda yang tengah berkuasa saat itu mendirikan bengkel untuk pengadaan, pemeliharaan dan perbaikan alat-alat perkakas senjata Belanda bernama Contructie Winkel (CW) di Surabaya. Inilah awal mulanya PT. Pindad (Persero) sebagai satu-satunya industri manufaktur pertahanan di Indonesia. Senjata yang diproduksi Pindad antara lain SS 1, SS 2, dan SPR 3. (Lihat grafis: Elang Hitam, Pesawat Drone Pertama Buatan Anak Bangsa)
2. Smith and Wesson (Amerika Serikat)
Smith & Wesson (S & W) adalah produsen senjata api di Amerika Serikat. Kantor pusat perusahaan adalah di Springfield, Massachusetts. Didirikan pada 1852 oleh Horace Smith dan Daniel B. Wesson.

Produsen yang satu ini dikenal sebagai produsen pistol terbaik. Smith & Wesson juga membuat pistol semi otomatis dan senjata laras panjang. Selain senjata api, Smith & Wesson telah dikenal sebagai produsen berbagai amunisi.

3. Beretta (Italia)
Fabbrica d'Armi Pietro Beretta atau biasa disebut Beretta adalah produsen senjata api yang berbasis di Italia. Senjata api buatan Beretta digunakan di seluruh dunia untuk berbagai keperluan sipil, penegakan hukum, dan keperluan militer. Produk-produk asli mereka adalah laras Arquebus. Salah satu produk Beretta yang paling terkenal adalah pistol Beretta 92 FS.

4. Colt (AS)
Colt’s Manufacturing Company adalah produsen senjata api asal Amerika Serikat, didirikan oleh Samuel Colt tahun 1855. Samuel Colt menerima paten atas revolver desainnya pada 1836 saat berusia 21 tahun.

Senjata buatan Colt yang terkenal adalah M16 dan M4 carbine. M4 carbine sendiri adalah senjata yang banyak digunakan oleh tentara dan polisi di dunia sebagai senjata standar. Salah satu pistol terkenal buatan Colt adalah Colt model 1911.

5. Glock (Austria)Glock Ges.m.b.H atau biasa dikenal dengan Glock adalah produsen senjata dari Austria yang didirikan oleh Gaston Glock pada 1963. Perusahaan ini bermarkas di Deutsch-Wagram, Austria. Perusahaan ini dikenal dengan pistol buatannya, Glock 17 yang banyak digunakan sebagai pistol standar polisi di dunia.
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak