Dampak Kebakaran Hutan, Victoria Deklarasikan Status Darurat

Jum'at, 10 Januari 2020 - 09:11 WIB
Dampak Kebakaran Hutan, Victoria Deklarasikan Status Darurat
Dampak Kebakaran Hutan, Victoria Deklarasikan Status Darurat
A A A
MELBOURNE - Negara bagian Victoria, Australia, mendekalrasikan status darurat menjelang kondisi bahaya karena dampak kebakaran hutan. Kebakaran hutan telah menghancurkan 1,2 juta hektare lahan di Victoria dan menyebabkan tiga orang tewas.

Kondisi bahaya diprediksi akan terjadi hari ini karena cuaca panas ekstrem. "Saya mengetahui kita tidak melihat kebakaran hutan pada awal musim ini," kata Perdana Menteri (PM) Victoria Daniel Andrews, dilansir BBC. "Tapi, saya melakukan respons responsif melihat banyak kebakaran hutan pada beberapa pekan lalu,"katanya.

Otoritas telah menyarankan warganya untuk mengungsi di kawasan Alpine dan East Gippslanda yang rawan kebakaran. Temperatur hari ini diprediksi mencapai 41 derajat Celsius dan angin kencang serta kering.

Sebelumnya, Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison menyarankan turis asing tidak takut dengan kebakaran di Australia. Dia berkunjung ke Pulau Kanguru untuk melihat dan menyapa wisatawan yang terdampak kebakaran hutan.

“Australia itu terbuka. Australia itu tempat menakjubkan untuk datang dan membawa keluarga. Nikmati liburanmu,” ungkap Morrison setelah bertemuan petani dan pegawai biro perjalanan wisata, dilansir Reuters. “Di Pulau Kanguru, dua pertiga wilayah terbuka dan siap untuk bisnis. Sangat penting untuk menjaga ekonomi lokal tetap hidup saat ini,” jelasnya.(Andika H Mustaqim)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4261 seconds (0.1#10.140)