Penjelasan Taktik Israel saat Serang Iran, Sukses atau Gagal?

Senin, 28 Oktober 2024 - 18:09 WIB
loading...
A A A
Pada serangan itu, Israel juga berusaha mengecoh pertahanan udara Iran dengan menggunakan rudal "Rocks". Rudal ini memungkinkan mereka menyerang dari posisi yang lebih dekat dengan target musuh tanpa memerlukan jet tempur untuk menembus jauh ke wilayah musuh.

Akan tetapi, penggunaan rudal itu juga tidak berbuat banyak. Hal ini karena sistem pertahanan udara Bavar 373 Iran bekerja lebih baik dari yang diharapkan.

Lebih jauh, Israel tidak menargetkan fasilitas nuklir atau ladang minyak Iran karena fokusnya pada target militer. Hal ini kemungkinan didasari imbauan dari Joe Biden yang telah menekan Tel Aviv agar tidak menyerang situs nuklir atau minyak milik Teheran.

Sukses atau Gagal?

Serangan udara Israel atas Iran menuai beragam komentar. Sementara ada pihak yang merasa puas dengan serangan itu, sejumlah media Israel meragukan efektivitas serangan tersebut.

Pihak yang kontra ini menggambarkan serangan Israel sebagai langkah yang sebagian besar bersifat simbolis dan gagal mencapai tujuan strategis signifikan. Beberapa laporan menyoroti rasa ketidakpuasan mengenai dampak terbatas operasi tersebut.

Mengutip AlMayadeen, koresponden Urusan Arab Roy Kays sesumbar bahwa jika berada di posisi Ali Khamenei, dia akan kembali tidur dan menilai situasi terkait serangan terhadap Iran keesokan paginya. Hal ini tentu karena serangan baru-baru ini gagal mencapai tujuan strategis apa pun.

Lebih jauh, ada laporan media yang menunjukkan bahwa serangan itu bermotif politik dan sengaja dirancang untuk mempertahankan dukungan publik kepada Perdana Menteri Netanyahu. Tokoh media Israel, Rami Yitzhar, yang pernah menjadi perwira senior di polisi militer Israel, percaya bahwa serangan terhadap Iran yang ia gambarkan sebagai "sangat kecil dan lemah," adalah taktik politik Netanyahu untuk menunjukkan kepada para pendukungnya bahwa ia telah melakukan sesuatu terhadap Teheran.

Demikianlah ulasan mengenai penjelasan taktik Israel saat serang Iran dengan jet tempurnya.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)