Korea Utara Ancam Deklarasikan Perang

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 21:35 WIB
loading...
Korea Utara Ancam Deklarasikan...
Korea Utara ancam mendeklarasikan perang. Foto/Rodong Sinmun
A A A
PYONGYANG - Korea Utara mengklaim telah menemukan pecahan pesawat nirawak militer Korea Selatan yang jatuh. Pyongyang mengancam akan membalas, yang akan memperparah ketegangan di semenanjung tersebut.

Menurut kantor berita milik pemerintah Pyongyang, KCNA, UAV tersebut kemungkinan digunakan untuk menjatuhkan selebaran di atas ibu kota. Pesawat nirawak serupa terlihat menyebarkan selebaran yang penuh dengan "propaganda politik dan fitnah" awal bulan ini, kata kantor berita tersebut.

"Jika pelanggaran wilayah darat, udara, dan perairan DPRK oleh militer ROK ditemukan dan dikonfirmasi lagi, hal itu akan dianggap sebagai provokasi militer yang serius terhadap kedaulatan DPRK dan deklarasi perang serta serangan balasan langsung akan dilancarkan," KCNA memperingatkan, seperti dikutip RT.

Kim Yo-jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan pejabat tinggi pemerintah, mengklaim pada Kamis bahwa Pyongyang memiliki "bukti yang jelas" bahwa Korea Selatan telah melanggar wilayah udara Korea Utara.

Korea Selatan menolak untuk mengonfirmasi apakah pesawat nirawaknya telah melintasi perbatasan. Juru bicara Kepala Staf Gabungan Kolonel Lee Sung-jun mengatakan kepada wartawan minggu ini bahwa masalah tersebut adalah "sesuatu yang harus diklarifikasi oleh Korea Utara."



Pyongyang telah terlibat dalam retorika permusuhan dalam beberapa bulan terakhir, menuduh tetangga selatannya melakukan "provokasi." Minggu ini, Korea Utara meledakkan beberapa ruas jalan menuju Korea Selatan, dan bersumpah untuk "memisahkan sepenuhnya" kedua negara dan mengubah wilayah perbatasan menjadi "benteng abadi."

Pada bulan Januari, Kim Jong-un mengusulkan untuk meninggalkan komitmen lama untuk reunifikasi, dan melabeli Korea Selatan sebagai "musuh utama."

Ketegangan tersebut sangat kontras dengan serangkaian isyarat persahabatan pada akhir tahun 2010-an ketika Presiden AS saat itu Donald Trump berusaha meredakan situasi di semenanjung Korea.

Namun, pertemuan antara Trump dan Kim di Hanoi pada tahun 2019 berakhir dengan kegagalan, dengan kedua belah pihak saling menuduh membuat tuntutan yang tidak realistis. Pyongyang sejak itu meningkatkan uji coba rudal, sementara AS telah meluncurkan lebih banyak latihan militer gabungan dengan Korea Selatan.
(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)