Negara-Negara yang Membenci Korea Utara

Rabu, 16 Oktober 2024 - 14:45 WIB
loading...
A A A
Korea Utara mengakui mereka menculik beberapa warga Jepang untuk melatih agen mata-mata mereka dalam bahasa dan budaya Jepang, tetapi banyak warga Jepang yang masih hilang dan diyakini diculik.

Sanksi Ekonomi


Jepang, seperti Amerika Serikat, telah memberlakukan sanksi ekonomi yang ketat terhadap Korea Utara sebagai tanggapan terhadap program nuklir dan rudalnya.

Sanksi ini termasuk pembatasan perdagangan dan larangan perjalanan.

4. Uni Eropa

Kritik Terhadap Hak Asasi Manusia


Banyak negara anggota Uni Eropa mengkritik Korea Utara atas catatan hak asasi manusia yang buruk. Ada laporan yang kredibel tentang kamp penjara politik, eksekusi tanpa pengadilan, dan penyiksaan di Korea Utara.

Uni Eropa telah berulang kali menyerukan agar Korea Utara menghormati hak asasi manusia dan telah mendukung resolusi PBB yang mengutuk pelanggaran tersebut.

Dukungan Sanksi


Uni Eropa juga mendukung sanksi internasional terhadap Korea Utara, terutama yang berkaitan dengan program nuklir dan rudal.

Sanksi ini dirancang untuk menekan Korea Utara agar menghentikan program senjata pemusnah massalnya dan mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB.

Upaya Diplomasi


Meskipun tegang, Uni Eropa juga terlibat dalam upaya diplomasi dengan Korea Utara. Beberapa negara Eropa memiliki hubungan diplomatik dengan Pyongyang dan berusaha menggunakan diplomasi untuk mendorong perubahan positif.

Dampak Internasional dan Regional

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)