5 Perang Menyeret Hizbullah, Salah Satunya Menghadapi Negara-negara Barat

Rabu, 16 Oktober 2024 - 14:01 WIB
loading...
A A A

4. Konflik dengan Israel


Keterlibatan pertama kedua belah pihak terjadi selama Perang Saudara Lebanon, ketika Iran semakin terlibat dalam urusan internal Lebanon.

Di mana Hizbullah memiliki salah satu tujuan yakni sebagai kekuatan Pemimpin Tertinggi Iran Khomeini yang menentang pendudukan Israel di Lebanon selatan.

Tidak hanya itu, diketahui jika Hizbullah menentang pemerintahan kolonial Israel di tanah Palestina.

Hal tersebut membuat konflik kedua belah pihak seakan tidak akan ada akhirnya, hingga salah satu di antara mereka hancur.

Hingga saat ini Hizbullah dan Israel masih saling berbalas serangan. Setelah Tel Aviv melakukan invasi darat ke Lebanon, Hizbullah membalas dengan serangan drone.

Keterlibatan Hizbullah dalam konflik terbaru di Timur Tengah ini adalah sebagai bentuk solidaritas bagi warga Palestina. Sedangkan Israel selalu ingin memusnahkan segala proksi Iran yang tersebar di Timur Tengah.

5. Perlawanan Anti Teror


Perang melawan teror, secara resmi disebut Perang Global Melawan Terorisme (GWOT) adalah kampanye militer antiteroris global yang diprakarsai Amerika Serikat setelah serangan 11 September 2001, dan merupakan konflik global terkini yang mencakup beberapa perang.

Sasaran utama kampanye ini adalah gerakan pejuang seperti Al-Qaeda, Taliban, dan sekutunya. Sasaran utama lainnya termasuk rezim Ba'ath di Irak, yang digulingkan dalam invasi pada tahun 2003, dan berbagai faksi pejuang yang bertempur selama pemberontakan berikutnya.

Presiden AS George W Bush pertama kali menggunakan istilah "perang melawan terorisme" pada 16 September 2001.

Konflik awal ditujukan pada al-Qaeda, dengan teater utama di Afghanistan dan Pakistan, wilayah yang kemudian disebut sebagai "AfPak".
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)