Hizbullah Tembakkan Salvo Rudal ke Pangkalan Militer Israel pada Hari Penebusan Dosa

Minggu, 13 Oktober 2024 - 13:26 WIB
loading...
A A A
Ketika Israel menghadapi serangkaian kecaman dari Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, sekutu Barat dan lainnya, militer Zionis berjanji untuk melakukan "kajian menyeluruh".

UNFIL Sengaja Menjadi Target


Pasukan penjaga perdamaian UNIFIL di Lebanon telah menemukan diri mereka di garis depan perang Israel-Hizbullah, yang telah menewaskan lebih dari 1.200 orang di Lebanon sejak 23 September, menurut penghitungan AFP dari angka Kementerian Kesehatan Lebanon.

Empat pasukan penjaga perdamaian terluka, termasuk dua tentara asal Indonesia yang terluka pada hari Kamis ketika sebuah tank Merkava Israel menembaki menara pengawas mereka, menurut UNIFIL.

Sean Clancy, kepala staf militer Irlandia, mengatakan dia tidak percaya penjelasan Israel tentang insiden hari Jumat.

"Jadi dari sudut pandang militer, ini bukan tindakan yang tidak disengaja," kata Clancy, yang negaranya memiliki pasukan di UNIFIL.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan dia yakin pasukan penjaga perdamaian PBB telah "disengaja menjadi sasaran".

Guterres mengutuk penembakan itu sebagai "tidak dapat ditoleransi" dan "pelanggaran hukum humaniter internasional", sementara pemerintah Inggris mengatakan "terkejut".

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan pada hari Jumat bahwa dia benar-benar meminta Israel untuk berhenti menembaki pasukan penjaga perdamaian PBB.

Insiden itu terjadi lebih dari dua minggu dalam perang Israel dengan Hizbullah Lebanon, yang telah menyaksikan pesawat tempur Israel melakukan serangan besar-besaran dan mengirim pasukan darat melintasi perbatasan.

Upaya diplomatik untuk menegosiasikan akhir pertempuran sejauh ini gagal, tetapi Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati mengatakan pemerintahnya akan meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengeluarkan resolusi baru yang menyerukan "gencatan senjata penuh dan segera".
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0740 seconds (0.1#10.140)